Guru dalam Pandangan Siswa


GURU

 Guru merupakan salah satu pemegang peranan penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Bagaimana tidak? Sebagian besar kehidupan siswa di sekolah selalu bersama guru. Seorang guru merupakan salah satu unsur penentu bagi keberhasilan pendidikan. Hal ini didasarkan karena seorang guru harus mempersiapkan peserta didiknya agar mampu menghadapi tantangan dimasa depan apalagi pada era globalisasi saat ini. Dengan semakin cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, guru diharapkan mampu menyiapkan sumber daya manusia untuk melahirkan generasi yang mampu bersaing.

Namun hal tersebut sekarang ini sudah kurang disadari. Ini dibuktikan oleh adanya mutu pendidikan yang masih memprihatinkan. Banyak sekali pelajaran yang diberikan tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan guru dan kelayakan dibidangnya. Akibatnya seorang pengajar terpaksa untuk mengajarkan materi di luar bidang pendidikannya dan berakibat sulit untuk diterima siswa. Mengapa? Entahlah. Apakah memang untuk memenuhi kebutuhan jam mengajar ataukah hal lain. Kembalilagi problem ini berkaitan dengan profesionalisme guru yang akhir-akhir ini banyak digembar-gemborkan. Tetapi disini tidak akan berbicara tentang profesionalisme guru.

Sebagai suatu profesi, guru dituntut untuk menunjukkan sikap, sifat dan kepribadian tertentu sesuai dengan profesinya dan harus lebih hati-hati dalan situasi dan kondisi tertentu. Berdasar kedudukannya sebagai guru harus menunjukkan tingkah laku yang pantas dan bisa menjadi teladan bagi siswa. Mungkin pepatah Jawa “Guru iku digugu lan ditiru”, yang pas untuk menggambarkan bagaimana seorang guru harus bersikap dan bertingkah laku di sekolah maupun dalam masyarakat. Karena guru sebagai pembina dan pendidik, dimanapun berada akan dipandang sebagai sosok yang memperlihatkan tingkah laku yang dapat ditiru oleh masyarakat khususnya peserta didik. Terima Kasih.  #DoeL

Post a Comment

0 Comments