SDM Adalah Aset Utama Negara




Sekedar CoretanQ. Rasanya ingin menangis jika melihat dunia pendidikan di Indonesia sekarang ini. Ada ketimpangan yang sangat jauh. Pada satu daerah kita melihat betapa majunya pendidikan dan di satu sisi daerah lain tak lepas dari mata kita betapa susahnya untuk sebuah kata yang namanya pendidikan. Salah siapa?? saya berpendapat pertanyaan ini tidak harus dijawab karena akan semakin jauh dari konsep untuk mencerdaskan anak bangsa. Tidak akan ada habisnya jika kita meyalahkan satu dengan lainnya. Memang inilah potret pendidikan di Indonesia sekarang ini. Lebih baik maju ke depan untuk memperbaiki pendidikan sesuai dengan porsi kita masing-masing. Saya yakin walaupun kecil dan entah dari bidang apapun pasti akan berdampak bagi pendidikan di Indonesia.

Dunia pendidikan merupakan lembaga yang berkewajiban mengembangkan individu manusia. Kearah mana tujuan hidup seseorang dan hidup yang bagaimana yang di inginkannya banyak di pengarui oleh pendidikan yang dia terima. Pendidikan sebagai hak asasi individu anak bangsa telah diakui dalam Pasal 31 ayat (1) UUD 1945 yang menyebutkan bahwa “Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”. Sedangkan Pasal 31 ayat (3) menyatakan bahwa “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dalam undang-undang”. Oleh karena itu, seluruh komponen bangsa baik orangtua, masyarakat, maupun pemerintah bertanggungjawab mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan.
Sebagaimana diketahui bersama bahwa perkembangan pengetahuan manusia melalui proses pendidikan formal sangat penting bagi perkembangan ekonomi. Sehubungan dengan itu, semua usaha yang akan dicapai melalui proses pendidikan, terutama pendidikan formal senantiasa melibatkan aspek ekonomi. Pencapaian prestasi belajar maupun mengajar sangat ditunjang oleh kelengkapan sarana dan prasarana belajar serta sarana dan prasarana mengajar. Untuk melengkapi sarana dan prasarana tersebut haruslah dengan dana atau alat pembayaran sah sehingga semakin banyak tujuan yang akan dicapai akan semakin banyak pula dibutuhkan ekonomi.
Sebagai tempat pembinaan, pendidikan tidak memandang ekonomi sebagai pemeran utama seperti pada dunia bisnis. Ada faktor lain yang lebih menentukan hidup matinya suatu lembaga pendidikan di bandingkan dengan ekonomi yaitu dedikasi, keahlian, dan ketrampilan pengelola dan guru-gurunya. Ekonomi pendidikan bersama dengan sumber-sumber pendidikan yang lainnya bertujuan untuk menyukseskan misi pendidikan yang semuanya bermuara pada perkembangan peserta didik.
Manusia merupakan faktor produksi aktif yang dapat mengakumulasi modal, mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam, membangun organisasi sosial, ekonomi dan politik. Dalam banyak literature ekonomi, faktor modal dan kemajuan teknologi sering disebut sebagai faktor yang paling berperan dalam pertumbuhan ekonomi. Namun keberadaan kedua faktor tersebut tidak akan banyak berguna kalau tidak ditunjang oleh faktor lain yaitu Sumber Daya Manusia (SDM).
Mengutip pidato Anis Baswedan yang menjadi penggadang “Indonesia Mengajar” yaitu “Kalau kita ingin maju menjadi bangsa yang besar, jangan fokus pada material. Jangan fokus pada sumber daya alam, tapi fokus pada manusia Indonesia. Kunci memajukan Indonesia, pada manusianya. Tapi kita sering merasa kekayaan terbesar kita adalah minyak, gas, tambang, laut, hutan. Itu kekayaan, tapi kekayaan terbesar adalah manusia Indonesia. Itu kekayaan terbesar kita. Begitu manusianya terkembangkan, manusianya tercerdaskan, maka seluruh potensi ini bisa diubah menjadi potensi yang membuat kita meraih kesejahteraan. Karena itu saya melihat, mengembangkan manusia menjadi kunci. Dan saya garisbawahi, mengembangkan manusia, bukan semata mata-mata sumber daya. Kenapa? Karena manusia harus dikembangkan seutuhnya”.
Dari kutipan di atas bisa kita lihat bahwa SDM merupakan aset utama sebuah negara, karena merupakan pelaku kegiatan ekonomi, politik, dan sebagainya. Instrumen utama untuk membangun sumber daya tersebut adalah peningkatan kualitas program pendidikan nasional.

Post a Comment

0 Comments