Stress Membuat Rambut Cepat Beruban



Stress Membuat Rambut Cepat Beruban. Banyak orang terutama wanita wanita ketakutan jika tanda penuaan mulai tampak pada diri. Dengan berbagai alasan kenapa mereka takut menjadi cerita pribadi masing-masing. Selain keriput di wajah, salah satu tanda penuaan yang sering diasumsikan orang adalah rambut beruban. Tumbuhnya rambut menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang. Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Pada uban yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin. Timbulnya uban biasanya terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya uban mulai timbul pada usia 40 tahun ke atas. Akan tetapi uban dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetis.

Kita sering melihat orang yang berada disekitar kita rambutanya sudah memutih atau sudah ubanan, kalau memang sudah kakek atau nenek hal itu lumrah. Tapi ini berbeda, justru rambut ubanan terjadi pada orang berusia muda. Atau justru kebalikannya, usia sudah tua tapi rambut masih hitam alami. Selain faktor usia ada salah satu faktor yang menyebabkan rambut cepat beruban. Apakah itu? Faktor tersebut adalah stress. Dari penelitian yang ada, didapatkan hasil bahwa ternyata Stress Membuat Rambut Cepat Beruban.

Para peneliti dari New York University, bahwa rambut juga dapat memutih jika terlalu banyak stress. Sel-sel pada rambut akan kehilangan warna aslinya ketika tubuh terkena hormon stres. Tetapi pada mereka yang mengalami kondisi stress, rambut hitam yang alami tidak akan kembali lagi digantikan oleh uban. Bagaimana itu dapat diketahui? Para peneliti pun memulai dengan premis bahwa ketika tubuh manusia terluka, sel induk bertanggung jawab untuk memproduksi pigmen melanin gelap yang melindungi dari sinar matahari untuk membantu membatasi kerusakan. Sebagian besar dari kita melihat uban pertama kali sekitar usia 25 tahun dan hal itu biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik. Misalnya merokok dan minum minuman alkohol, meskipun bukan hal itu yang menjadi penyebab tumbuhnya uban.


Demikian ulasan saya kali ini mengenai Stress Membuat Rambut Cepat Beruban dari kubuskecil.blogspot.com. Untuk itu sebaiknya KenaliPemicu Stress Anda dan Ikuti Tips Ringan Mengatasi Stress. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments