Kenali Pemicu Stress Anda



penyebab stress

Kenali Pemicu Stress Anda. Kegiatan serta Aktivitas sehari-hari yang padat karena pekerjaan yang menumpuk, deadline tugas yang mendesak, sedang mengalami kemacetan lalu lintas, ditambah dengan kurangnya waktu beristirahat, kerap kali membuat kita merasa terjebak dalam rutinitas yang menjenuhkan dan memuakkan. Tetapi, rutinitas seperti itulah yang harus dan terpaksa kita jalani. Tak heran apabila kita jadi merasa stres berat. Stres menampakkan diri dalam berbagai cara. Contohnya seorang individu yang sedang dalam stress berat mungkin mengalami sariawan, tekanan darah tinggi, mudah jengkel, mudah marah, sulit membuat keputusan serta rentan terhadap kecelakaan.

Menurut E. Schuler (Inggris) dalam bukunya “Definition and Conceptualization of Stress in Organizations”,  Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Sedangkan menurut Robbins (2001), stress juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan dimana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang.

Sebenarnya tiap orang mempunyai cara sendiri dalam meringankan stres yang mereka alami. Misaknya seperti pada tulisan saya sebelumnya Tips Ringan Mengatasi Stress. Tidak jarang beberapa orang berusaha untuk mengatasi stres dengan cara memuaskan keinginan makan, karena menimbulkan rasa puas dan nyaman. Namun, perlu diingat bahwa itu hanya akan meningkatkan tingkat obesitas. Maka dari itu kita perlu untuk mengenali penyebab stres terlebih dahulu  kemudian baru mementukan cara mengatasi perasaan tertekan karena stres tersebut.



Menurut ahli hypnotherapy Juli Triharto ada beberapa hal yang biasa menyebabkan stress pada diri kita yaitu :
1.    Perasaan takut yang dipicu kecemasan dan rasa khawatir. 
2.    Perasaan marah karena ketidakadilan yang terjadi pada dirinya. Ia akan selalu membandingkan dirinya dengan orang lain, karena melihat kehidupan orang lain lebih baik dan lebih bahagia daripada dirinya.
3.  Sedih karena kehilangan sesuatu pada dirinya. Mereka yang merasakan hal ini biasanya dikarenakan adanya ketergantungan pada seseorang, dan saat orang terdekat tersebut hilang, ia mengalami kesedihan hingga membuatnya menjadi pendiam, penyendiri, dan berujung pada stres.
4.   Perasaan depresi. Biasanya hal ini disebabkan pekerjaan yang tak kunjung beres, sedangkan tugas-tugas lain masih menumpuk. Mereka mengalami gangguan pikiran dan merasa sangat terbebani akibat pekerjaan yang tak ada habisnya.
5.  Perasaan kesepian. Banyak orang yang merasa kesepian bukan di saat sedang sendirian, melainkan justru ketika sedang berkumpul dengan orang banyak. Saat itu ia merasa sulit berbaur karena jiwanya terasa kosong, sehingga ia bisa merasa sedih atau bahkan menangis di tengah keramaian.
6. Merasa bersalah. Biasanya orang merasa bersalah terhadap orang lain karena telah memperlakukan orang tersebut dengan tidak menyenangkan. Ia tahu telah bersalah, namun tidak sanggup untuk mengatakan kata maaf. Perasaan bersalah itu terus dipendam sehingga berujung pada keadaan stres.
7.   Frustrasi. Hal ini sering dialami oleh mereka yang memiliki banyak keinginan dan tujuan, tapi belum ada satu pun yang dapat terwujudkan. Keadaan ini membuatnya merasa gagal, dan akibatnya jadi frustrasi.
8.   Bosan atau jenuh. Hal ini disebabkan oleh rutinitas sehari-hari yang tidak menemukan titik temu tantangan baru.

Setelah kita mengetahui pemicu stres, hal yang seharusnya kita lakukan mencoba lupakan dulu apa yang kita rasakan, dengan lebih aktif mencari kegiatan positif yang dapat menyenangkan. Kegiatan untuk melepas rasa stress alangkah baiknya tidak didasari oleh nafsu, melainkan berdasarkan tujuan positif untuk menghilangkan stres dan tetap berkarya dengan baik. Demikian informasi dari kubuskecil.blogspot.com mengenai “Kenali Pemicu Stress Anda”. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments