Atasi Warna Kulit Tidak Rata Dengan Bahan Alami


atasi warna kulit tidak rata

Atasi Warna Kulit Tidak Rata. Salah satu dari sekian banyak masalah kulit yang sering dialami baik pria dan wanita adalah hiperpigmentasi. Warna kulit tidak merata ini dikenal juga sebagai pasca inflamasi yang membuat warna kulit berbeda dengan pola tidak beraturan atau perubahan warna kulit pada bagian tertentu. Warna kulit yang tidak merata kadang selalu dihubung-hubungkan dengan kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Namun ternyata sebenarnya penyebab wana kulit tidak merata bisa bermacam–macam yaitu adanya perlambatan pergantian sel kulit, pigmentasi yang berlebihan yang terjadi pada area kulit tertentu, penurunan sirkulasi darah, kulit kering atau berminyak dan jerawat, serta gangguan inflamasi kulit lainnya. Akibatnya dapat membuat sesorang terlihat seperti orang kecapekan, lebih tua, kurang percaya diri dan terlihat ksusut tidak sehat.

Warna kulit tidak merata sangat berhubungan dengan melanin. Melanin merupakan pigmen yang ada di kulit, yang memberikan warna pada kulit. Orang yang berkulit gelap memiliki melanin yang lebih banyak dibandingkan orang yang berkulit lebih terang. Melanin sendiri diproduksi oleh sel yang dinamakan melanocytes. Melanin berfungsi sebagai perlindungan alami kulit terhadap sinar matahari terutama sinar ultraviolet (UV) yang merusak. Kendati banyak produk perawatan kulit yang bisa menjadi solusi masalah ini, akan tetapi prinsip kita sebagai bangsa dengan kekayaan alam yang melimpah serta berprinsip lebih aman adalah "back to nature". Apa maksunya? Yaitu mengatasi warna kulit tidak merata dengan bahan-bahan alami. Berikut ini Sekedar CoretanQ akan berbagi informasi mengenai ”Atasi Warna Kulit Tidak Rata Dengan Bahan Alami”. Berikut beberapa bahan alami yang dapat membantu menjadikan warna kulit lebih merata :

1.      Air perasan lemon
Kulit yang berminyak menyebabkan wajah tampak mengkilap serta rentan dengan gangguan kulit seperti komedo ataupun jerawat. Jenis kulit yang seperti ini diketahui lebih lambat mengalami pergantian sel. Manfaat air perasan lemon ternyata dapat membantu menghilangkan minyak yang berlebihan serta mempercepat regenerasi kulit sehingga membuat warna kulit lebih merata. Anda dapat mengoleskan air perasan lemon secara merata di kulit dan biarkan hingga kering, kemudian bilas sampai bersih.

2.      Oatmeal
Oatmeal memiliki manfaat untuk menenangkan dan menghilangkan bercak kemerahan serta inflamasi yang diakibatkan paparan sinar matahari, kulit kering ataupun alergi. Anda dapat menggunakan outmeal sebagai scrub dengan cara menggiling agar struktur lebih halus dan campur dengan air.

3.      Yogurt
Ternyata Yogurt memiliki manfaat untuk menghilangkan warna kemerahan pada kulit serta meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan asam laktat pada yogurt membantu mengangkat sel kulit mati dan memudarkan noda hitam, serta mencerahkan warna kulit secara keseluruhan. Anda dapat melakukannya dengan mengoleskan yogurt secara merata, diamkan kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

4.      Madu
Sudah tidak diragukan lagi bahwa madu memang memilki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat madu adalah untuk membersihkan dan memberikan kelembaban alami bagi kulit. Karena kulit kering juga bisa mengakibatkan warna kulit tidak merata. Selain itu madu juga memiliki sifat anti-bakteri untuk membantu menghilangkan jerawat.

5.      Minyak zaitun
Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menyegarkan kulit yang meradang dan iritasi. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi serta dapat melembabkan kulit.


Demikianlah artikel mengenai ”Atasi Warna Kulit Tidak Rata Dengan Bahan Alami”. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments