Tanaman Obat Penyembuh Kanker Bagian 1

Tuesday, May 14, 2013 · Posted in




Tanaman Herbal

Pada artikel kali ini kubuskecil akan berusaha menuliskan informasi tentang Tanaman Obat Penyembuh Kanker. Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang cepat, tidak terkendali, dan terus membelah diri. Selanjutnya menyusup ke daerah sekitar dan terus menerus menyebar. Kanker dapat menyerang semua bagian tubuh. Namun dalam pertumbuhannya sel-sel kanker dapat menyebar lebih luas ke bagian-bagian tubuh yang lain dan disebut sebagai anak seban atau metastasis. Salah satu alternatif untuk penyembuhan kanker adalah dengan penggunaan obat herbal. Obat herbal merupakan obat-obatan yang dibuat dari bahan tumbuhan, baik tumbuhan yang sudah dibudidayakan maupun tanaman liar.

Beberapa jenis tanaman obat mempunyai peran tersendiri dalam penyembuhan kanker. Peran tersebut antara lain sitostatiska, imunodulator, antineoplastik, anti-inflamasi, hepatoprotektor dan analgesik. Indonesia memiliki kekayaan tumbuhan yang luar biasa. Tidak hanya ada di Indonesia, di negara-negara seperti Cina, Jepang, India, dan negara-negara Afrika obat herbal sudah digunakan sejak zaman dahulu. Pada awalnya, penggunaan tanaman sebagai obat didasari oleh pengalaman turun termurun. Obat herbal banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit karena efek samping yang ditimbulkan dari obat herbal relatif kecil, sehingga lebih aman digunakan.

Penggunaan obat herbal untuk mengobati kanker tidak mucul begitu saja. Ada beberapa pendekatan yang mendasari pengobatan dengan bahan baku tanaman tersebut. Pendekatan dalam pengobatan kanker dengan bahan baku tanaman obat sebagai berikut;
1.      Konsep bahwa kanker bersifat reversible (bisa normal kembali).
2.      Proses penghambat pertumbuhan kanker.
3.      Konsep penuaan sel kanker.
4.      Konsep memperkuat sel lain di sekitar kanker.

kanker image

Beberapa Tanaman Obat Penyembuh Kanker antara lain :


Ciplukan
ceplukan

ceplukan

Ciplukan termasuk family salonceae dengan nama latin Physalis Angulata Linn dan Physalis Minima Linn.
1.     Kandungan kimia yang terkandung dalam ciplukan diantaranya saponin, flavoinodal, polipenol, asam klorogenat, zat gula, elaidic, dan fisalin.
2.      Tanaman ini (Ciplukan) bersifat analgetik, divretik, detoxifies, pereda batuk, dan pengaktif fungsi kelenjar-kelenjar tubuh.
3.      Khasiat sebagai obat kanker berasal saponin yang terkandung dalam Ciplukan memberikan rasa pahit dan berkhasiat sebagai antitumor dan menghambat pertumbuhan kanker, terutama kanker usus, besar. Sementara itu flavonioidal dan polifenol sebagai anti oksidan.



Kunyit 
kunyit

kunyit

Kunyit memiliki nama latin Curcuma Domestical val  atau Curcuma Longa Linn dan termasuk ke dalam family zingiberaceae.
1.      Kandungan kimia yang terdapat dalam kulit kunyit antara lain minyak asiri, curcumin, shodium curminat, diacetyl curcumin, triethyl curcumin, tetra hidro curcumin, ferolic acid, turmeron, saponin, planoid, amilum, polifenol, asam askorbat, neda-karotena, evgenol dan niasin.
2.     Sifat kunyit adalah sebagai hipotoksis, bakterisid, karminatif memperlancar pengeluaran cairan empedu (kolagenum), anti perik (penurun panas), antiradang, melebarkan bronkus, analpitium, (bahan penyegar), stimulansia, dan anti priliveratif.
3.      Khasiat untuk obat kanker adalah curcumin, yang terkandung dalam rimpang kunyit bermanfaat sebagai antitumor dan anti-inflamasi (antiradang). Sementara itu saponin berkhasiat sebagai antineoplastik (antikanker) dan beta karoten, polifenol, berfungsi sebagai antioksidan. Dari semua senyawa yang terkandung dalam kunyit, tetra hidro curcumin (THC) ternyata mempunyai aktivatas anti-inflasi tertinggi.



Kunir Putih atau Temu Mangga
Kunir Putih atau Temu Mangga

Kunir Putih atau Temu Mangga

Memiliki nama ilmiah Curcuma albha Linn atau  Curcuma Mangga Val dan termasuk kedalam family zingiberaceae.
1.    Kandungan kimia yang sudah diketahui dalam kunir putih yaitu saponin, polifenol, curcumin, 2-norbonane, 3-methylene, caryophylen oxcide, cyclopentane acetalde-hide, caryphylen dan cinnamyltiglate.
2.      Tanaman ini bersifat hemostatis (mengentikan pendarahan), menambah nasu makan, analgesik, antitoksik, dan mempercepat penyembuhan luka.
3.    Khasiat sebagai pengobat kanker adalah curcumin yang terkandung dalam ripang kunir putih bermanfaat antitumor, dan anti-inflamasi (antiradang). Sementara itu, saponin bersifat sebagai antineoplastik (antikanker) dan polifenol bersifat sebagai anti oksidan. Selain itu kunir putih juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka akibat kanker dan tumor.



Selanjutnya pada artikel Tanaman Obat Penyembuh Kanker Bagian 2

One Response to “Tanaman Obat Penyembuh Kanker Bagian 1”

Leave a Reply

kubuskecil. Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...