Tips Aman Beraktifitas di Internet



Tips aman berinternet

Tips Aman Beraktifitas di Internet. Sudah tidak bisa kita elakkan lagi banyak sekali aktifitas yang dilakukan secara online. Baik berupa blogging, surfing, internet banking, bisnis online, sosial media, pendaftaran online, lowongan pekerjaan dan masih banyak lainnya. Dengan semakin tingginya aktifitas orang di dunia internet/online, maka transaksi data juga akan semakin meningkat. Tidak beda dengan suatu hal yang lain, aktifitas online juga ada sisi positif maupun negativf yang salah satunya adalah pencurian/pembobolan data.

Sekarang ini pencurian tidak hanya terjadi pada dunia nyata tetapi sudah pada masuk pada dunia maya. Semakin bertambahnya hacker ataupun hanya script kiddies di dunia maya, menjadikan dunia maya/dunia online serasa kurang nyaman. Maka alangkah baiknya apabila kita berusaha agar data kita jangan sampai tercuri oleh orang yang tak bertanggung jawab. Untuk itu Sekedar CoretanQ akan berbagi sedikit Tips Aman Beraktifitas di Internet. Semoga bisa sedikit membantu. Berikut ini tipsnya :

1.      Jagalah Semua Informasi Pribadi, artinya jangan mudah memberikan informasi yang penting kepada orang lain baik melalui telepon ataupun promosi online. Misalnya seperti nomor rekening bank atau nomor ATM. Jangan mudah memberikan informasi dan lakukan pengecekan terlebih dahulu.

2.      Jangan Terlalu Overshare, maksunya Anda jangan memberitahu informasi tanggal lahir Anda, nama orang tua, identitas pribadi bahkan nama hewan peliharaan atau nama sahabat terdekat anda pada situs sosial media, bisa seperti Friendster, Facebook, LinkedIn atau Twitter.

3.   Selalu Up Date Anti Virus, hal ini bertujuan untuk memperbarui anti-virus yang kita miliki. Semakin hari virus semakin bertambah dan mengharuskan kita untu selalu meng-update anti-virus agar bisa terdeteksi bila ada virus atau malware baru.

4.    Persulit Password / Kata Sandi, Sebaiknya gunakan password/kata sandi yang sulit, anda bisa menggunakan kombinas huruf besar kecil serta angka-angka dan gantilah password secara berkala. Jangan menggunakan password yang umum dan mudah ditebak seperti 1234asdf, qwerty, tanggal lahir, nama orang tua, nomor hp, PIN BB, nama pacar atau sebagainya.

5.      Waspada penawaran Online, sekarang ini banyak sekali penawaran/promosi via online. Ada yang benar-benar tetapi tidak sedikit yang palsu. Apabila ada penawaran barang ataupun jasa yang memerlukan informasi pribadi, sebaiknya periksa validitas dari penawaran tersebut.

6.    Tanyakan Layanan Keamanan, Jika anda mempunyai rekening Bank sebaiknya tanyakan tentang keamanan data dan uang anda. Dengan berkembangnya transaksi online sekarang ini, setiap Bank pasti mempunyai sistem keamanan tersendiri untuk menjaga dan mengantispasi adanya pembobolan akun nasabahnya. Karena pihak Bank sendiri menyadari kalau transaksi online sangat rentan dengan pembobolan.


Demikian tulisan mengenai Tips Aman Beraktifitas di Internet, semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments