Pertolongan Awal Saat Ponsel Kena Air



hp kena air

Tidak jarang saat kita beranjak ke kamar mandi, ponsel tak sengaja terbawa. Apalagi kita menaruhnya pada saku baju. Parahnya lagi karena keteledoran kita sendiri, saat merunduk ponsel kita jatuh dan terkena air bahkan masuk ke dalamnya. Berdasarkan pengalaman, ada beberapa teman saya juga mengalami hal serupa. Akibatnya bisa beraneka ragam, mulai dari beberapa fitur ponsel yang rusak hingga Matot atau mati total.

Kalau sudah begitu, langkah apa yang harus kita lakukan? Bagaimana agar ponsel terselamatkan? Untuk itu SekedarCoretanQ akan berbagi Tips Pertolongan Awal Saat Ponsel Kena Air. Sebagai langkah antisipasi agar ponsel tidak rusak parah atau mati total, ada beberapa langkah awal yang harus anda lakukan saat ponsel terkena air. Berikut Tipsnya :
1.      Langkah pertama, segera matikan ponsel anda apabila setelah kena air ponsel masih dalam keadaan menyala
2.  Langkah kedua, lepaskan baterai ponsel serta lap pada bagian yang basah sampai mengering. Apabila memungkinkan, anda bisa menggunakan pengering tambahan seperti hairdryer dengan catatan gunakan jarak yang tidak terlalu dekat serta tenaga paling rendah
3.    Langkah ketiga, bila air yang masuk ke ponsel cukup banyak, lepaskan casing ponsel dan bongkar komponen yang anda bisa (kuasai) seperti memori eksternal dan kartu SIM (SIM card), lalu keringkan sebisa anda.
4.      Langkah keempat, letakkan ponsel pada tempat dengan suhu hangat hingga beberapa saat, misalnya dibawah cahaya lampu. Sebaiknya jangan nyalakan dulu ponsel anda dan tunggu hingga minimal 3 hari sampai ponsel anda benar-benar kering.
5.    Langkah kelima, mungkin ini memang terlihat agak aneh tetapi menurut berbagai sumber mengatakan demikian ”Letakkan komponen ponsel yang anda di lepas tadi dalam beras karena akan membantu pengeringan”. Menurut saya, hal ini sesuatu yang mungkin karena beras memiliki sifat yang mengikat dan menyerap molekul air.

Beberapa langkah di atas dapat anda lakukan saat ponsel hanya terkena percikan air, tersiram atau tercebur sesaat saja. Beda lagi bila ponsel anda sudah terendam air dalam beberapa menit. Walau masih ada kemungkinan Tips Pertolongan Awal Saat Ponsel Kena Air di atas berhasil, tetap saja anda harus siap jika ponsel tersebut tidak dapat digunakan lagi dan siap dibawa ke tukang service. J Demikian tips sederhana dan singkat dari kubuskecil.blogspot.com, semoga bisa membantu. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments