Cara Menghemat Baterai Android

android
Handphone Cerdas atau sering kita disebut Smartphone merupakan suatu barang bidang teknologi yang tidak asing lagi sekarang ini. Tetapi pada saat saya sendiri mengunakannya pertama kali, yang terasa adalah aneh. Dalam hal ini yang saya maksud aneh yaitu tentang baterainya yang mudah habis alias boros. Mungkin ini juga dialami oleh penguna android yang lain. Awalnya saya merasa apakah baterai Smartphone saya rusak? Padahal kan masih baru. Pikiran itu muncul karena dalam sehari paling tidak baterai saya charge 2-3 kali. Tapi setelah saya tanyakan kepada teman sesama pengguna smartphone yang notabene menggunakan OS Android memang baterai android itu boros sekali.
Sebagai informasi saja smartphone yang saya gunakan adalah Samsung Galaxy Young. Untuk itu pada coretan kali ini saya akan membagi beberapa tips atau cara menghemat baterai android. Bagaimana cara menghemat baterai android? Oke langsung saja kalau begitu, inilah beberapa tipsnya dari kubuskecil.blogspot.com :
1.    Minimalkan tingkat kecerahan layar smartphone
2.    Percepat waktu sleep smartphone anda
3.    Matikan GPS, bluethooth dan WiFi jika tidak diperlukan
4.    Gunakan wallpaper gambar (non-animasi) dan jangan gunakan live wallpaper
5.   Matikan autosycn, artinya nonaktifkan aplikasi yang membutuhkan sinkronisasi otomatis untuk mengupdate data anda dan pilih sesuai kebutuhan kita
6.   Gunakan mode standby yaitu koneksi internet otomatis terputus bila layar smartphone mati
7.    Instal aplikasi yang penting dan sering kita gunakan saja
8.    Install aplikasi penghemat baterai android
9.    Matikan fitur automatic update, hal ini diperlukan karena pembaruan otomatis (automatic update) akan memerlukan bayak power dari baterai

Sementara hanya itu tips yang bisa saya berikan pada coretan kali ini semoga memberikan manfaat. Meskipun tidak terlalu hemat, namun mungkin bisa sedikit menghemat baterai android. Apabila ada teman-teman ingin membagi informasi/cara menghemat baterai android dengan cara lain, silahkan menambahkan melaui komentar.

Post a Comment

0 Comments