Kiat Menjaga Sirkulasi Darah


sirkulasi darah

Kiat Menjaga Sirkulasi Darah. Banyak sekali nikmat yang berikan Allah kepada kita. Tetapi ironisnya kadang kita lupa atau sengaja melupakan rasa syukur terhadap hal itu. Apabila kita perhatikan semua nikmat termasuk organ tubuh kita,diberikan sejak lahir secara gratis. Bahkan semua oragan tidak pernah berhenti menjalankan fungsinya. Semua adalah sitem yang bekerja dengan sinergis tanpa kita sadari. Salah satu diantara nikmat itu adalah darah. Darah berperan sangat penting dalam kehidupan kita. Fungsi utama darah adalah menghatarkan oksigen dan nutrisi yang diperlukan sel-sel tubuh. Sirkulasi darah yang baik merupakan hasil kerjasama antara jantung, darah dan komponen-komponennya serta pembuluh darah. Sudah kita ketahui bersama bila sirkulasi darah ini terganggu banyak penyakit yang disebabkannya.

Ganguan sirkulasi darah bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat misalnya merokok, kurang berolahraga, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, kurang istirahat dan polusi. Ancaman penyakit pun bisa beragam seperti serangan jantung, stroke,  hipertensi, hingga ancaman kerusakan fungsi ginjal. Dengan melihat pentingnya sirkulasi darah yang ada dalam tubuh, maka untuk kesempatan kali ini Sekedar CoretanQ akan berbagi Kiat Menjaga Sirkulasi Darah. Berikut kiatnya :

  1.  Terapkan pola makanan sehat
Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan makanan instan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi jika mengkonsumsi makanan berlemak berlebihan dan tidak berserat akan menyebabkan plak yang bersumber dari makanan berlemak tinggi tersebut sehingga menumpuk dalam pembuluh darah dan menyebabkan peredarah darah tidak lancar. Untuk itu lebih baik terapkan pola makanan sehat dalam kehidupan anda seperti asupan sayur dan buah.

  1.  Olahraga rutin
Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan olahraga secara rutin. Selain menjaga kebugaran tubuh, dengan olahraga rutin akan menghidarkan anda dari ancaman-ancaman penyakit. Olahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari, minimal 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

  1.   Hindari rokok dan polusi
Sudah banyak dibahas bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan. Rokok mengandung banyak sekali bahan kimia berbahaya. Dalam tubuh seorang perokok, fungsi sel darah merah sebagai pengangkut oksigen ke seluruh tubuh akan terganggu oleh komponen asap rokok. Hal ini mengakibatkan terhambatnya sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu merokok juga beresiko terserang kanker paru-paru. Adapun cara mengurangi resikonya dapat anda baca dalam tulisan Upaya Mengurangi Resiko Kanker Paru-Paru.

  1.   Kelola stress
Stress sangat erat kaitannya dengan penyakit kardiovaskular, gangguan tidur, dan sakit sistem otot. Penderita stress akan mengalami ketidakaturan denyut jantung sehinggan sirkulasi darah terganggu. Untuk mengatasi stress ada beberapa tips yang mungkin bisa mengurangi stress yang anda derita pada tulisan sebelumnya yaitu Tips Ringan Mengatasi Stress

  1.   Jaga berat badan ideal
Jagalah berat badan secara ideal, karena kegemukan akan beresiko mengalami gangguan sirkulasi darah.

  1.   Mandi pagi dengan air dingin
Mandi pagi dengan air dingin mampu melancarkan sirkulasi darah. Tubuh akan lebih bugar dan segar. Bagi anda yang beragama Islam, cobalah mandi sebelum menunaikan ibadah sholat subuh.

  1.   Istirahat yang cukup
Dengan banyaknya aktifitas kita sehari-hari, bisa dipastikan tubuh dan organ-oragan didalamnya mengalami kelelahan. Untuk itu dibutuhkan istirahat yang cukup agar tubuh kembali fress.

  1.   Mengkonsumsi suplemen pelancar sirkulasi darah
Selain 7 kiat di atas, apabila diperlukan komsumsilah suplemen pelancara sirkulasi darah yang herbal halal. Karena suplemen herbal halal tergolong aman serta mengandung bahan-bahan alami. Tetapi jangan lupa, suplemen tersebut juga harus sudah teruji klinis dan diteliti oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Dengan demikian alangkan baiknya kita menjaga dan selalu bersyukur atas semua nikmat yang diberikan Allah. Terima kasih telah membaca artikel Kiat Menjaga Sirkulasi Darah.

Post a Comment

0 Comments