Cermin yang buruk rupa



Cermin Diri
Sumber Gambar

Ketika bercermin dan terlihat buruk rupa, Mengapa cermin yang dipersalahkan? Mungki kita lupa bahwa cermin merupakan gambaran diri sendiri dan seharusnya menjadi sesuatu yang absurd untuk disalahkan. Namun saat ini dalam pergaulan manusia dimasyarakat, cermin selalu disalahkan dan dijadikan kambing hitam setiap permasalahan yang ada.

Fakta saat ini seseorang cenderung menyalahkan orang lain atau suatu hal di luar dirinya saat terjadi konflik. Baik itu konflik internat maupun konflik eksternal seseorang. Jarang sekali manusia yang sadar akan hasil cerminan diri bahkan mengganggap dirinya paling benar. Sudah selayaknya manusia bercermin dan menganalisa apa saja yang ada di dalam dirinya. Bukan menyalahkan sesuatu dari luar dan menganggap dirinya sudah benar.
Kesadaran akan perbaikan diri membawa seseorang ke arah yang lebih baik. Lebih baik dalam berfikir, lebih baik dalam bersikap, dan lebih baik dalam setiap pergaulan di masyarakat. Sehingga bila terjadi konflik tidak mudah menyalahkan orang lain. Seseorang yang benar-benar bercermin akan membuat orang lain merasa nyaman. Dan keharmonisan pergaualan dapat tercipta karena didasari oleh hal tersebut.
Oleh karena itu bercermin dengan tidak menyalahkan cermin merupakan hal penting. Mari bersama-sama perbaiki diri. Bukan mempertahankan kebenaran namun mencari kebenaran yang sesungguhnya. (ER)

Post a Comment

0 Comments