Dampak Negatif Gadget pada Anak

gadget anak
Dampak Negatif Gadget pada Anak. Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Gadget merupakan hasil karya manusia dibidang teknologi yang memnpunyai pengaruh terhadap cara fikir dan kehidupan manusia. Pilihan memberikan gadget untuk anak agar ia tak berulah karena tak ada yang mengawasi merupakan alternatif yang biasa orang tua masa kini lakukan karena mudah dan praktis. Namun ingat bahwa hal tersebut akan berdampak negatif bagi anak.


  1. Penurunan dalam kemampuan bersosialisasi, anak menjadi tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan tidak paham etika bersosialisasi.
  2. Penurunan konsentrasi saat belajar, anak lebih senang berimajinasi seperti dalam tokoh game yang sering dimainkan dengan gadgetnya.
  3. Malas menulis dan membaca, pengaruh gadget yang memudahkan dalam menulis, perangkat visual yang lebih menarik menjadikan anak malas membaca.
  4. Mempengaruhi kemampuan menganalisa masalah, saat belajar anak tidak mau mencari data dan tidak tertantang untuk melakukan analisis karena menginginkan sesuatu yang serba cepat dan langsung terlihat hasilnya.


Semoga artikel ini bermanfaat. Salam kubuskecil.

Post a Comment

0 Comments