Tips Ringan Mengatasi Stress



Mengatasi Stress
Tips Ringan Mengatasi Stress. Tak jarang karena kesibukan sehari-hari membuat orang menjadi jenuh, bosan, bahkan stress. Entah itu sibuk dengan pekerjaan, kuliah, sekolah ataupun yang lain. Memang semua itu tuntutan hidup yang harus kita jalani semua. Stress sebenarnya sebagian perasaan yang ada dalam diri kita. Pada dasarnya, stress adalah sebuah bentuk ketegangan, baik fisik maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, menyebabkan penyakit, membuat tubuh terasa pegal dan gangguan-gangguan mental.

Menurut Robbins (2001) stress dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan dimana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang. Jadi, stress dapat mempengaruhi fisik, psikis mental dan emosi. Walapaun begitu stress dapat mempunyai dua efek yang berbeda, bisa negatif ataupun positif. Itu tergantung bagaimana kuatnya individu tersebut menghadapi stress atau bagaimana individu tersebut mempersepsikan stress yang sedang dihadapinya.

Untuk itu, Sekedar CoretanQ akan membagikan Tips Ringan Mengurangi Stress. Tips ini saya rasa memang ringan tetapi butuh konsistensi anda untuk melakukannya. Tips tersebut antara lain :

1.      Tersenyum Tulus
Tersenyum Tulus
Ungkapan lama yang menyatakan bahwa Senyum itu tidak hanya tanda kebahagiaan, tetapi juga menjadi cara untuk mengatasi tekanan hidup, mungkin juga ada benarnya. Bagaimana tidak, berdasar hasil temuan dalam Psychological Science menyarankan untuk selalu tersenyum di saat beban hidup terasa berat. Peneliti dari University of Kansas menjelaskan bahwa tersenyum tulus selama mengalami stres dapat membantu mengurangi intensitas respons stres tubuh. Meskipun anda tidak benar-benar merasa bahagia.
Sebenarnya tersenyum tak hanya menggerakkan otot-otot wajah saja tetapi meningkatkan hormon ”kebahagiaan” yaitu hormon endorfin dan menurunkan hormon ”stress” kortisol yang dihasilkan kelenjar adrenal saat kita terserang stress. Salah satu cara yang bisa anda lakukanlah yaitu tersenyum di depan cermin untuk mendapatkan efek positifnya. Kemudian yakinkan dan katakan pada diri anda sendiri, "Aku Bisa Menghadapi Masalah Ini”. Ini bertujuan untuk meningkatkan  kepercayaan pada diri anda serta semangat kembali meningkat.


2.      Minum Air Putih
air putih
Selain dengan tersenyum tulus, tips ringan mengurangi stress adalah Minun air putih. Sebenarnya ada banyak cara meredakan stress yang diberikan psikolog/psikiater tapi yang paling murah dan mudah adalah minum air putih. Dalam keadaan normal otak kita memerlukan air dan ketika otak tidak mendapat pasokan air yang cukup maka konsekuensi yang kita terima adalah sakit kepala, mudah lelah sampai kejang. Jadi, semakin banyak otak kekurangan air, semakin sedikit energi yang kita miliki dan semakin lelah yang kita rasakan.

Lalu, apakah ada hubungan antara kekurangan air di otak dengan stress? Ini jawabannya, di dalam tubuh manusia memiliki hormon kortisol, atau yang lebih dikenal sebagai hormon stress dan ketika mengalami dehidrasi ringan, kadar kortisol dalam tubuh meningkat yang pada akhirnya menyebabkan stress. Ketika kita stress, tubuh akan mengalami dehidrasi dengan mudah.

Penjelasan Amanda Carlson, direktur nutrisi di Athletes Performance seperti yang dikutip dari WebMD (25/3) "Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan air dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Bila Anda tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh, hal ini akan membuat tubuh merasa stress". Untuk menghindarinya, tentu saja kita harus mencukupi kebutuhan air dalam tubuh sehingga pasokan air di otak juga terpenuhi. Jangan lupa minum air putih minimal 2 liter setiap hari. Tetapi apabila aktivitas kita membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat, minumlah air putih secukupnya sebagai pengganti air yang keluar melalui keringat tersebut.

Demikian Tips Ringan Mengatasi Stress dari kubuskecil.blogspot.com, semoga bisa membantu mengurangi stress yang kita alami. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments