Faktor Penurun Daya Ingat

penurun daya ingat
Faktor Penurun Daya Ingat. Apakah anda kadang lupa meletakkan sesuatu seperti kunci motor, dompet, sepatu, uang tuna atau ketinggalan barang saat mau pergi luar kota? Itu adalah hal wajar sepanjang tidak keseringan. Kalau keseringan berarti anda termasuk orang pelupa. Apabila anda punya masalah seperti itu, jangan dianggap remah dan segera cari tahu apa penyebabnya. Sering lupa dan sulit mengingat sesuatu, bisa jadi ada suatu masalah yang membuat sistem perekam otak terganggu sehingga daya ingat menurun.

Bukan tidak mungkin, kalau penurunan daya ingat atau memori otak terjadi pada usia produktif yaitu pada orang usia muda. Gaya hidup yang tidak sehat memberikan dampak yang sangat drastis terhadap kemampuan daya ingat atau memori kita. Perlu kita ketahui bersama, ada beberapa kebiasaan yang membuat daya ingat otak kita menurun. Sebagai akibatnya, memori makin buruk dan daya tangkap menjadi lemah.

 pelupa
Setelah sebelumnya Sekedar CoretanQ membahas masalah “Apakah Memori atau Ingatan Itu?”, pada kesempatan kali ini akan mencoba berbagi informasi tentang ”Faktor Penurun Daya Ingat”. Apa sajakah itu? Mari kita lihat seperti dibawah ini :

 1.    Kurang istirahat

Istirahat sangat diperlukan oleh otak, karena pada saat kita tidur otak akan mengingat segala informasi yang dipelajari hari ini serta memulihkan kemampuannya. Kekurangan istiratah dalam waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak. Sepertiga waktu manusia digunakan untuk beristirahat artinya ada sekitar 8 jam dalam sehari. Saat tidur itulah tubuh beristirahat dan melakukan normalisasi, termasuk otak. Tetapi bukan hanya sekedar tidur, yang harus adalah kualitas tidur harus sangat dijaga.

 2.    Mengkonsumsi makanan kurang sehat

Kesibukan sehari-hari terkadang membuat orang kurang memperhatikan makanan apa yang ia konsumsi. Semua itu membentuk gaya hidup "asal kenyang dan enak" serta terbiasa mengkonsumsi makanan instan yang banyak mengandung pewarna, pengawet, dan perasa sehingga tidak memperdulikan asupan gizi. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan kurang sehat, apalagi yang kadar lemak tinggi dapat mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah sehinggan kemampuan kerja otak akan menurun.

 3.    Merokok, Alkohol dan Obat terlarang

Merokok, mengkonsumsi alkohol serta obat-obatan terlarang dapat mempengaruhi kesehatan otak dan memori. Semakin banyak mengkonsumsi semakin tinggi pula resiko mengalami efek samping kerusakan sel otak dan berdampak pada daya ingat.

 4.    Kurang beraktifitas fisik

Aktifitas fisik tidak selalu identik dengan olahraga berat tetapi bisa dilakukan dengan olahraga ringan seperti jogging. Kegiatan fisik lainnya bisa seperti naik tangga atau berjalan kaki. Dengan tetap menjaga kebugaran tubuh secara tidak langsung fungsi organ akan bekerja dengan baik termasuk kemapuan otak dalam daya ingat.

 5.    Terlalu banyak menkonsumsi obat

Sekarang ini banyak iklan farmasi yang sangat menggiurkan tetapi jangan langsung tergoda. Karena jika mengonsumsi terlalu banyak obat akan berisiko tinggi mengalami gangguan daya ingat. Maka dari itu pastikan dokter tahu dan bila anda tidak mengerti tanyakan semua obat yang dikonsumsi. Lebih baik minimalkan konsumsi obat bebas dan konsumsi obat sesuai resep. Selain itu obat-obatan untuk mengatasi masalah seperti alergi, insomnia dan gangguan perencanaan, ternyata bisa menyebabkan fungsi otak terganggu. Maka dari itu, sebelum mengonsumsi obat ini sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter.

 6.    Depresi dan Stress berat

Penderita depresi dan stress berat ternyata juga mengalami gangguan pada sel-sel otak. Bahkanada kemungkinan kondisi ini bisa membunuh sel-sel otak, sehingga menyebabkan daya ingat turun. Depresi berkepanjangan dan tidak dirawat akan menurunkan daya ingat karena kemampuan untuk berkonsentrasi dan menyimpan informasinya terganggu. Demikian pula halnya dengan stress  bersifat traumatik atau hal  menyebabkan kecemasan teramat sangat dapat mengganggu fungsi memori seseorang.

 7.    Mengkonsumsi gula terlalu banyak

Jangan menkonsumsi gula yang terlalu banyak karena menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang mengganggu perkembangan otak. Penyimpanan ingatan atau memori bisa terganggu akibat tingginya gula darah.


8.    Jarang mengasah otak

Berpikir adalah cara tepat untuk melatih dan mengasah otak. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan turunnya daya kerja otak kita. Orang yg jarang mengasah kemampuan otaknya akan mengalami penurunan daya ingat dibandingkan dengan mereka aktif. Tingginya minat belajar akan membuat kita melakukan kebiasaan mengingat secara terus-menerus. Aktifitas sperti membaca, menghafal, bermain catur atau belajar suatu keterampilan baru diyakini dapat mempertahankan kemampuan otak.

 Terima kasih telah membaca tulisan mengenai “Faktor Penurun Daya Ingat”, semoga bermanfaat.

Post a Comment

1 Comments


  1. kebiasaan buruk dan gaya hidup tak sehat seperti yang telah disebutkan di atas memang berpengaruh besar terhadapap fungsi daya ingat dan kecerdasan Maka dari itu harus tau Cara Mempertajam Ingatan dan Mencegah Pikun, sepetti mengonsumsi makanan bergizi dan dengan latihan permainan yang menstimulasi otak
    Blognya bagus, pasti bisa ngehasilin banyak duit. saya tunggu komentarnya di blog saya yaa

    ReplyDelete