Tips Menghemat Listrik



 Hampir setiap tahun di negeri kita Indonesia yang kaya akan enegri dan budaya mengalami kenaikan tarif dasar listrik. Mungkin bagi orang yang cuek dan berpenghasilan tinggi hal ini tidak akan banyak berpengaruh. Tetapi bagi sebagian lainnya yang berpenghasilan pas-pasan seperti saya akan sedikit mencari cara agar kebutuhan listrik dirumah bisa dihemat. Tentu saja dengan cara yang legal bukan ilegal.

Kenaikan TDL (Tarif Dasar Listrik) kadang memaksa kita untuk lebih hemat menggunakan pemakaian listrik di rumah. Selain hemat biaya, menghemat listrik termasuk sebagai partisipasi membantu Pemerintah dalam Program Hemat Energi yang saat ini tengah gencar-gencarnya dilakukan. Dengan menghemat listrik berarti kita ikut melstarikan lingkungan dan energi. Pada Sekedar CoretanQ kali ini ada Tips Menghemat Listrik yang dapat diaplikasikan dirumah.


  1. Pertama gunakankan lampu yang hemat energi karena lampu ini dapat hemat energi sekaligus memberikan pencahayaan yang lebih baik
  2. Kedua gunakanlah alat elektronik yang ada dengan bijak misalnya AC, TV, Kulkas, Komputer, Tape, Mesin cuci, Pompa air, setrika dll. Gunakan saat diperlukan dan matikan (cabut kabel ) ketika tidak dipakai.
  3. Ketiga atur sistem pencahayaan yang baik sehingga tidak perlu menyalakan lampu di siang hari.
  4. Keempat gunakan jaringan listrik (kabel) kualitas baik, karena dengan ini hambatan pada jaringan listrik akan berkurang
  5. Kelima hindari penggunaan alat elektronik dengan watt besar secara bersamaan
  6. Keenam beri warna dinding ruangan anda yang terang sehingga membantu efisiensi kinerja lampu.
  7. Ketujuh apabila akan menambah alat elektronik lagi, pilihlah alat elektronik dengan fasilitas hemat energi
  8. Kedelapan lakukanlah dengan konsisten

Demikianlah coretan mengenai Tips Menghemat Listrik yang dapat dilakukan dirumah. Mulailah dari hal kecil sebelum memikirkan hal besar. Semoga coretan ini bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments