Tips Aman Berkendara Saat Hujan



Saat musim hujan tiba disertai angin yang kencang, selain mengakibatkan banjir juga akan menutup jalanan berlubang serta membatasi jarak pandang kita saat berkendara. Untuk itu setiap pengendara wajib meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian serta melakukan beberapa persiapan. Memang kadang sebagian orang menganggap ini hal sepele tetapi jika mengingat resiko, maka sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang berikuta dengan tujuan tetap merasa aman dan nyaman saat berkendara waktu hujan. Pada coretan kali ini ada beberapa tips aman berkendara saat hujan.

Dalam menghadapi musim hujan dan cuaca ekstrem memang dibutuhkan persiapan dan perhatian lebih sebelum kita berkendara. Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan saya bagi beberapa tips aman berkendara waktu hujan. Paling tidak ada 6 hal yang perlu perhatikan. Hal apakah itu? Mari kita bahas tentang Tips Aman Berkendara Saat Hujan.
  1. Persiapan paling vital adalah terletak pada penerangan. Penerangan yang baik akan memudahkan pengemudi melihat dengan jelas dalam jarak pandang terbatas. Oleh karena itu sebaiknya pastikan kondisi lampu mobil anda dalam keadaan baik.
  2. Persiapan kedua melihat kondisi ban yaitu tekanan udara pada ban dan kedalamam alur ban. Hal ini perlu diperhatikan karena ban yang kurang tekanan dengan kembangan tipis akan membuat cengkraman berkurang akibatnya jika trjadi hujan kendaraan akan mudah tergelincir.
  3. Periksalah beberapa bagian kendaraan seperti pedal rem, kemudi, gas dan kopling apakah bekerja dengan baik atau tidak. Selain itu saat terjadi hujan periksa juga kondisi karet wiper apakah dalam keadaan rata agar dapat menyapu air dengan sempurna.
  4. Kurangi kecepata mobil anda saat melewati jalan yang tergenang air. Hal ini biasa disebut aquaplaning yaitu kondisi mobil agak melayang.
  5. Perhatikan jarak pengereman. Jarak aman antar kendaraan yang ideal saat hujan adalah 3 meter. Hal ini dikarenakan kondisi jarak pengereman waktu hujan dan saat kering berbeda. Dengan demikian jagalah jarak aman berkendara dengan pengendara lain.
  6. Bila mobil anda berAC, usahakan bekerja optimal karena akan mengurangi kondensasi atau pengembunan pada kaca mobil. Bila mobil anda tidak berAC, siapkan kain lap atau kanebo agar saat terjadi pengembunan bisa segera dibersihkan.
Itulah beberapa Tips Aman Berkendara Saat Hujan. Semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda. Apabila ingin menambahkan tips lain silahkan membagi dengan sobat blogger lain dalam kolom komentar. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments