5 Isi Berita



Dewasa ini tak dapat dipungkiri lagi bahwa berita merupakan sesuatu yang dibutuhkan orang. Mungkin tanpa berita orang akan buta informasi. Baik itu berita melalui media cetak maupun media elektronik. Berita merupakan informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi. Berita dapat disajikan dalam bentuk cetak, internet, siaran, atau dari mulut ke mulut. Pada umumnya sekarang ini stasuin TV memiliki acara berita dan menayangkannya sepanjang waktu, bisa dikatakan dari pagi sampai malam. Kebutuhan akan berita sangat penting bagi masyarakat sebagai penambah wawasan.
Sesuatu hal yang penting dan menarik bagi masyarakat atau orang banyak disampaiakn melalui berita. Tapi tidak semua peristiwa bisa diangkat menjadi suatu berita oleh media. Karena setiap peristiwa akan dipilih mana yang pantas untuk disampaikan pada masyarakat. Berita haruslah bermakana dan berpengaruh pada pendengar serta diminati masyarakat. Jadi untuk mengangkat peristiwa menjadi suatu berita haruslah menarik dan penting bagi masyarakat.

Dalam hal ini akan dikemukakan ada 5 hal yang harus terkandung dalam sebuah berita, hal-hal tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Berita harus aktual yaitu informasi yang disajikan dalam berita merupakan peristiwa apa yang terjadi saat ini atau yang akan terjadi
2.      Berita harus bermakna yaitu berita harus memenuhi kriteria berikut
a.      apa berita itu penting terhadap pendengarnya?
b.      apa berita itu penting?
c.      apa merupkan peristiwa penting/ besar?
d.      apakah banyak orang yang telibat?
e.      apa yang banyak terpengaruh?
3.      Berita harus akurat, yaitu dalam penyampaiannya dibutuhkan dan didasari suatu kecermatan tentang apa yang disampaiakan. Kriterianya adalah
a.      Informasi yang benar-benar nyata
b.      Informasi dapat dipertanggungjawabkan
c.      Informasi tidak menduga-duga
d.      Jangan memanfaatkan desas-desus
e.      Bukan hasil berspekulasi
f.     Tidak berisi oponi sendiri
g.      Harus melaporkan fakta dan opini orang lain
4.      Berita haruslah seimbang, yaitu berita hendaknya berusaha menceritakan pernyataan kedua belah pihak, terutama jika masalah kontroversial.
5.      Berita harus jelas, yaitu semua dan apa yang disampaikan dalam berita berisi kejelasan dan tidak bersifat abu-abu.




Post a Comment

0 Comments