Beberapa Tips Memilih Makanan di Restoran




Menjalani rutinitas sehari-hari yang cukup padat mungkin sulit untuk memilih tempat makan yang menyediakan makanan sehat dan rendah kalori. Kesibukan yang kita lakukan kadang membuat kita lupa akan asupan makanan yang kita konsumsi. Tak heran makanan cepat saji di restoran pun seringkali jadi pilihan. Makanan cepat saji kadang seringkali telah dicap sebagai makanan yang kurang sehat. Tetapi tidak selalu demikian, karena makanan cepat saji juga masih dapat dimasukkan dalam diet sehat sehari-hari. Kuncinya adalah memilih dengan bijak ketika memesan makanan cepat saji.

Memilih makanan yang sehat di restoran cepat saji juga sangat penting. Makanan restoran memang terlihat lebih menggiurkan untuk disantap di bandingkan dengan makanan yang dibuat sendiri di rumah. Sebab, makanan restoran mengandung lebih banyak campuran bahan dan bumbu, ditambah lagi dengan hiasan unik yang sengaja dibuat oleh koki untuk menggugah selera makan.


Bagi yang memiliki masalah dengan berat badan, perut buncit atau yang sedang menjalani program diet, makan makanan di restoran memang beresiko. Mengapa? karena kebanyakan restoran saat ini hanya berorientasi pada rasa dan tampilan tetapi tidak memperhitungkan nilai gizi makanan. Sebut saja restoran fast food yang digemari banyak kalangan mulai dari anak kecil sampai orang dewasa.  Padahal makanan di restoran fast food dapat dikatakan berbahaya bagi kesehatan bila sering dikonsumsi. Bahannya mengandung garam, lemak dan kalori yang tinggi dan sedikit serat. Belum lagi zat pengawetnya. Tidak hanya restoran fast food saja, makan di restoran lain pun tetap memiliki resiko kena obesitas karena proses pengolahannya yang tidak terkontrol.
Biarpun makan makanan resto belum terjamin kesehatannya, kenyataannya tidak mungkin setiap orang dapat menghindarinya. Ada saat-saat tertentu baik yang sengaja maupun tidak disengaja seseorang harus memasuki restoran dan memesan menunya.


Sebelum memberikan tips memilih makanan sehat di resto, ada beberapa hal perlu Anda ketahui. Bagian ini penting untuk dijadikan pertimbangan dalam memilih makanan nantinya, yaitu:
1.     Pelajari tentang kebutuhan nutrisi tubuh Anda
2.     Pelajari tentang kandungan bahan makanan
3.      Cari informasi tentang restoran mana yang menawarkan hidangan menu sehat

Dengan menguasai ketiga hal di atas, Anda memiliki pegangan dan modal yang kuat untuk memilih makanan sehat di restoran. Oke langsung saja tipsnya. Berikut ini tips untuk memilih makanan sehat saat berada di restoran, yaitu:
1.  Makanan pembuka, pilihlah salad sayur atau buah agar dapat mengontrol rasa lapar. Dressing salad diletakkan di sisi lain atau dapat menggunakan tempat yang terpisah dengan salad. Tuangkan dressing secukupnya saja;
2.   Berhati-hatilah dengan porsi makanan. Biasanya restoran menyajikan makanan dengan porsi besar. Jika dapat memungkinkan untuk mengurangi porsi saat melakukan order tu lebih bagus. Namun, bila tidak, Anda dapat meminta pelayan untuk membungkuskan sebagian porsi untuk dibawa pulang ke rumah atau Anda dapat berbagi makanan dengan teman;
3. Dalam memesan minuman, pilih air putih atau susu bebas lemak, teh tawar atau minuman tanpa campuran gula;
4.     Pilih makanan yang dipanggang atau dikukus, hindari makanan yang digoreng;
5.    Beritahu pelayan restoran itu mengenai makanan yang Anda pesan. Dengan komunikasi yang baik, Anda dapat melakukan permintaan spesial. Misalnya meminta agar ayam goreng diganti menjadi ayam panggang atau kukus. Atau memesan salad tanpa tambahan mayonese. Jangan lupa meminta dengan cara yang sopan;
6. Makan dengan perlahan. Nikmati makanan resto tersebut secara perlahan, jangan mengunyah makanan dengan terburu-buru. Rasakan bila perut Anda telah kenyang, segeralah berhenti makan.


Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi bila ingin makan di restoran. Yang terpenting adalah pilihlah restoran yang memiliki pelayanan yang baik dan memuaskan serta menyajikan makanan yang sehat. Sebuah restoran yang memiliki tujuan memuaskan pelanggan atau pastinya dapat mengikuti selera konsumennya, apalagi bila itu berhubungan dengan kesehatan. Karena semakin banyaknya konsumen yang memperhatikan kesehatan, banyak pula restoran yang sudah menyiapkan menu makanan sehat dalam daftar menunya. Bahkan saat ini, telah ada restoran yang khusus menyiapkan menu makanan sehat, bahan makanannya pun terbuat dari bahan organik.
Tidak lupa juga agar bisa melepaskan sedikit stress anda, pilihanlah tempat makan dan minuman tanpa mengurangi keamanan dan kenyamanan hendaknya disesuaikan budget yang kita anggarkan. untuk mendapakan harga murah, aman, dan nyaman sesuai selera makanan dan minuman anda. Demikain tips-tipsnya semoga bisa menjadi pertimbangan anda dalam hal konsumsi makanan di restoran.

Post a Comment

1 Comments

  1. halo..kita dah tukeran link..and udah dipasang (di link berjalan)di bawah '' musttrie's blog ''
    salam sukses!

    ReplyDelete