Sumber Gambar |
Dalam setiap usaha, harapan akhir secara umum
dapat disebut hasil. Usaha tanpa hasil merupakan seseuatu yang tidak diharapkan
oleh siapapun. Tentunya hasil yang ingin didapatkan ketika orang berusaha
adalah hasil yang optimal dan memuaskan. Begitu halnya dengan Belajar. Sesuah
proses belajar akan mengharapkan hasil yang secara umum dikatakan sebagai
hasil. Belajar. Lalu apakah pengertian Hasil Belajar yang sebenarnya??
Banyak ahli yang merumuskan definisi hasil
belajar dari sudut pandang yang berbeda. Pengertian hasil belajar adalah
kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya,
sedangkan menurut Gagne hasil belajar harus didasarkan pada pengamatan tingkah
laku melalui stimulus respon (Sudjana, 2005:19). Menurut Oemar Hamalik
(2007:31) mengemukaan bahwa hasil belajar pola-pola perbuatan, nilai-nilai,
pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi, ablititas dan keterampilan.
menyatakan hasil belajar sebagi salah satu indikator bagi mutu pendidikan dan
perlu disadari hasil belajar adalah bagian dari hasil pendidikan.
Hasil belajar tampak sebagai perubahan
tingkah laku pada diri siswa yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk
perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat
diartikan terjadinya peningkatan dan pengembangan yang lebih baik dibandingkan
dengan sebelumnya, misal dari tidak tahu menjadi tahu, sikap kurang sopan
menjadi sopan dan sebagainya (Oemar Hamalik, 2007:155). Hasil belajar dapat
dijelaskan dengan memahami dua kata yang membentuknya, yaitu hasil dan belajar.
Pengertian hasil menunjukkan pada suatu perolehan akibat dilakukannya suatu
aktivitas atau proses yang mengakibatkan berubahnya input secara fungsional.
Alat ukur untuk mengukur hasil belajar yaitu berupa nilai.
Nilai merupakan hasil dari proses penilaian.
Nilai diperoleh dengan mengubah skor dengan skala acuan tertentu. Oleh karena
itu, nilai hanya dapat dimaknai dan digunakan sebagai dasar pengambilan
keputusan dengan skala dan acuan yang digunakan. Menurut Purwanto (2009:204),
penilaian berhubungan dengan pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan
didasarkan pada nilai. Skor pengukuran hasil belajar menjadi bermakna dan dapat
digunakan untuk pengambilan keputusan setelah di ubah menjadi nilai. Bilangan
skor hasil belajar itu belum mempunyai makna apa pun dalam pengambilan
keputusan pendidikan sebelum diubah menjadi nilai.
0 Comments