Fakta Seputar Ikan Marlin



Di dunia memang banyak sekali jenis-jenis ikan yang ada di laut maupun hidup di air tawar. Seperti ikan lele, ikan sapu-sapu, ikan todak, ikan marlin, Arwana, Ikan Gabus, Ikan Tongkol dan masih banyak lainnya. Ikan-ikan tersebut tentunnya diciptakan mempunyai keunikan dan kelebihan sendiri-sendiri. Dalam coretan kali ini akan dibahas seputar Ikan Marlin. Apa itu?? Mungkin masih banyak orang yang belum tahu mengenai Ikan ini. Namun tak ada salahnya jika sekilas saja kita membahasnya disini.
Ikan marlin mirip sekali dengan ikan sailfish dan ikan todak. Ketiganya sama-sama mempunyai moncong yang tajam. Selain itu ketiga ikan tersebut banyak sekali digunakan dalam lomba memancing. Ketiga ikan tersebut juga mempunyai kemampuan berenang yang cepat. Ikan marlin mempunyai berat tubuh sekitar 170 kg, woooow sebuah angka yang besar jika dibandingkan dengan berat badan manusia normal. Panjang ikan marlin sekitar 180 cm – 300 cm. Ikan ini banyak ditemukan di Samudra Pasifik, Samudra Atlantik dan Samudra Hindia.

Ikan marlin sering muncul ke permukaan. Ia dikenal mempunyai hidung yang berbintik-bintik dan ditemukan di laut berair hangat yang dalam. Makanan ikan marlin adalan ikan cero, mullet, lumba-lumba, cumi-cumi, ikan terbang dan ikan-ikan kecil lainnya. Selain itu ikan marlin sangat suka umpan buatan yang dipakai manusia untuk memancing. Itu sebabnya ikan ini mudah dipancing tetapi karena kekuatannya yang besar dia susah sekali ditangkap. Namun ikan marlin ini tidak akan berhasil dipancing bila terjadi badai.


Ada beberapa fakta menarik tentang ikan marlin yaitu :
  1. Ikan marlin mempunyai moncong atas dua kali lebih panjang daripada ikan moncong bawah. Moncong atasnya ini terlihat lebih mirip dengan paruh
  2. Lama hidup ikan marlin bisa mencapai 25-30 tahun
  3. Badan ikan marlin berwarna biru gelap denghan putih keperakan di bagian bawahnya
  4. Beberapa ikan marlin memilik garis tubuh yang terlihat memudar
  5. Di sirip belakang pertama ikan marlin  terdapat warna biru tua dengan banyak bintik  hitam hingga ke belakang
  6. Di sirip kepala dan belakang terdapat warna coklat
  7. Seluruh tubuh ikan marlin ditutupi dengan sisik keras
  8. Ikan marlin putih banyak terdapat di Samudra Atlantik
  9. Ikan marlin putih jarang terlihat begerombol. Dia lebih suka menyendiri atau dengan pasangannya
  10. Ikan marlin merupakan ikan yang berpindah tempat jika terjadi musim dingin
  11. Ikan marlin bertelur sekali dalam setahun ditempat yang dalam dengan suhu 20-29 derajat celsius dan terjadi pada saat musim migrasi (pindah)
Ikan marlin merupakan ikan yang The Highly Migratory Species Division (HMS) yang artinya spesies atau jenis hewan dengan migrasi yang tinggi. Ikan marlin warna putih memiliki ukuran lebih kecil daripada ikan sejenisnya. Saaat sedang berenang ikan marlin ini hanya terlihat bagian belakang yang muncul ke permukaan. Dalam lomba memancing ikan marlin sudah digunakan kurang lebih 12-13 tahun yang lalu atau sekitar tahun 1999/2000.

Post a Comment

0 Comments