Buah Pisang dan Manfaatnya



Apakah anda suka menkonsumsi buah pisang? Bila iya maka anda tidak rugi, karena buah tropis ini mengandung sejuta manfaat yang baik untuk tubuh kita. Bahkan dikalangan para atlet profesional pun buah pisang adalah makanan wajib karena mengandung banyak energi. Buah pisang bukan sesuatu yang istimewa atau aneh dalam keseharian kita. Setiap orang setidaknya pernah mengonsumsi buah pisang. Tanaman ini biasa ditemukan di lahan-lahan kosong, atau di halaman rumah. 
Walaupun sedemikian akrab dengan buah pisang, bisa jadi tak banyak orang tahu multimanfaat dari tanaman ini. Misalnya, buah pisang memiliki kandungan zat gula (karbohidrat) yang lebih tinggi ketimbang yang dikandung oleh buah-buah yang lain. Karena itu, buah pisang bisa menjadi salah satu sumber tenaga yang baik bagi tubuh kita. Pisang adalah tanaman yang berasal dari kawasan di Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Tanaman ini kemudian menyebar ke Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah. Di Jawa Barat, pisang disebut dengan Cau, di Jawa Tengah dan Jawa Timur dinamakan gedang. Di Pulau Palue, NTT,  pisang benar-benar pohon kehidupan.

 

 

 

Batang pisang adalah sumber air minum warga. Penduduk di pulau kecil tandus dekat pulau Flores itu menanam pisang di sekitar rumah mereka. Batang pisang ditebang, sampai dekat bonggolnya, kemudian pada bagian bonggol itu dikeruk seperti ceruk. Dibiarkan semalam, besoknya  sudah ada air menggenang. Air itulah yang digunakan untuk minum orang Palue. Tanaman pisang dalam budidayanya tidak terlalu memerlukan pemeliharaan yang intensif, sehingga hampir semua masyarakat yang memiliki lahan walaupun tidak luas selalu ada tanaman ini. 
Tumbuhan (pisang) ini menyukai iklim tropis panas dan lembap, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah, dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang. Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengonsumsi pisang setiap tahunnya.


Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang sama. Buah pisang tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir atau orang jawa mengatakan lirang. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam.
Perlu disadari, istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas. Coretan kali ini hanya membahas pisang penghasil buah konsumsi serta kerabatnya yang berkaitan.

 

Pusat keragaman pisang dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu :
1.    Pusat keragaman utama
Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika)
2.    Pusat keragaman minor
Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis.

Berdasarkan cara konsumsi buahnya, pisang dikelompokkan dalam 2 (dua) dua golongan yaitu :
1.    Pisang Meja (dessert banana)
Pisang meja adalah pisang yang dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, seperti pisang ambon, susu, raja, seribu, dan sunripe.
2.    Pisang Olah (plantain, cooking banana)
Pisang olahan adalah pisang dikonsumsi setelah dilakukan pengolahan misalnya digoreng, direbus, dibakar, atau dikolak, seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan uli. Buah pisang diolah menjadi berbagai produk, seperti sale, kue, kripik.


 Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Selaian buah pisang yang mengandung banyak gizi, akar dan batang pisang mengandung serotonin, norepinefrin, tanin, hidroksitriptamin, dopamine, vitamin A, B dan C. Buah pisang mengandung flavonoid, glukosa, fruktosa, sukrosa, tepung, protein, lemak, minyak menguap, kaya akan vitamin (A, B, C, dan E), mineral (kalium, kalsium, fosfor, Fe), pectin, serotonin, 5-hidroksi triptamin, dopamine, dan noradrenalin. Kandungan kalium pada buah pisang cukup tinggi yang kadarnya berevariasi tergantung jenis pisangnya.
 Buah pisang muda mengandung banyak tanin. Karena kandungan gizinya itu, tak heran bila   pakar teknologi pangan dan gizi, Prof Dr Made Astawan, menjuluki pisang sebagai buah kehidupan. (IPTEKnet:2005) dan Sang Annapurna (2008).


      

Sedangkan setiap buah pisang yang masak menurut penelitian mengandung beberapa jenis zat sebagai berikut :
  1. Kalori sebanyak 99 kalori
  2. Protein sebanyak 1,2 gram
  3. Lemak sebanyak 0,2 gram
  4. Karbohidrat sebanyak 25,8 miligram (mg)
  5. Serat sebanyak 0,7 gram
  6. Kalsium sebanyak 8 mg
  7. Fosfor sebanyak 28 mg
  8. Vitamin B sebanyak 0,5 mg
  9. Vitamin C sebanyak 3 mg.

Karena mengandung banyak sekali gizi, buah pisang mempunyai beberapa manfaat yaitu :
1.      Manfaat bagi kesehatan
·       Manfaat pisang untuk ibu hamil
Asam folat merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangannya di dalam rahim. Pisang mengandung asam folat sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk ibu hamil. Karena pisang juga mengandung kalori yang cukup tinggi jadi berhati hatilah jangan sampai terlalu banyak mengkonsumsi pisang agar manfaat pisang yang didapatkan oleh ibu hamil akan maksimal. satu butir pisang bisa mempunyai kalori 80-100 kalori.

·       Manfaat buah pisang bagi penderita Hipertensi
Penderita hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan rendah garam. Kandungan garam yang rendah dan adanya kandungan kalium yang tinggi pada pisang menjadikan pisang buah yang cocok dikonsumsi untuk penderita darah tinggi/ hipertensi. Hasil penelitian dari Journal of the American College of Cardiology menyimpulkan bahwa asupan kalium harian sebesar 1600mg (setengah dari jumlah yang dianjurkan untuk konsumsi harian yang berjumlah 3500mg) bisa menurunkan risiko stroke lebih dari seperlima. Ilmuwan dari universitas Warwick dan naples mengatakan bahwa saat ini jumlah asupan kalium harian di banyak negara masih dibawah jumlah yang disarankan. Terlalu sedikit asupan kalium akan mengakibatkan gejala gejala mual,denyut jantung tidak teratur, diare serta cepat marah.
Jika Anda penderita hipertensi cobalah menjadikan pisang sebagai salah satu buah buahan pilihan .Seperti telah diuraikan pada beberapa paragraph diatas tentang manfaat pisang bagi penderita hipertensi.

·       Pisang bermanfaat bagi penderita penyakit perut dan saluran pencernaan
Asam lambung yang tinggi dapat dinetralkan jika Anda mengkonsumsi buah pisang yang dicampur dengan susu cair. Hidangkan segelas susu cair yang dicampur pisang untuk menetralkan asam lambung.

·       Manfaat pisang bagi luka bakar
Manfaat pisang tidak hanya dari buahnya saja, namun manfaat daun pisang bisa untuk mengobati luka bakar. Abu daun pisang yang dicampur dengan minyak kelapa mempunyai efek mendinginkan kulit serta meringankan luka bakar jika dioleskan pada daerah yang terbakar tersebut.

·       Manfaat buah pisang bagi penderita Anemia
Manfaat pisang bagi penderita anemia adalah pisang bisa merangsang produksi hemoglobin sehingga hal ini akan mengatasi anemia.

·       Pisang dapat meningkatkan konsentrasi
Kandungan kalsium yang juga tinggi di dalam buah pisang membantu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi serta lebih waspada. Manfaat pisang ini menjadikan pisang akan meningkatkan kemampuan belajar siswa sekolah. Ingin mencoba?, Anda dapat tawarkan pisang pada anak atau kerabat anda yang masih bersekolah.

·       Manfaat pisang bagi penderita depresi
Setelah memakan pisang , para penderita depresi merasa lebih baik. Setelah diteliti hal ini karena pisang mengandung protein tryptophan,protein ini kemudian akan diubah menjadi serotonin yang akan memperbaiki mood, menjadi lebih rileks dan membuah bahagia.

2.      Manfaat bagi kecantikan
·       Untuk mengangkat sel kulit mati.
Caranya : Ambil Buah Pisang dan Strawberry lalu potong kecil-kecil, kemudian hancurkan sampai halus. Tambahkan dua sendok minyak zaitun, aduk sampai rata, jangan lupa tambahan setengah cangkir gula, aduk kembali sampai benar-benar rata. Oleskan pada kulit, usap lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati, diamkan sesaat lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

·       Mampu mencerahkan kulit wajah
Caranya, hancurkan pisang sampai menjadi bubur, tambahkan oatmeal secukupnya dan aduk sampai merata. Oleskan pada wajah, biarkan 10-15 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan minimal satu minggu sekali

·       Untuk melembutkan kulit
Caranya, siapkan setengah pisang dan alpukat, lalu blender hingga tercampur rata, tambahkan satu sendok minyak zaitun dan dua sendok makan yoghurt, aduk sampai rata. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat, lalu bilas dengan air mawar. Lakukan setiap 1 minggu sekali.

 
Setelah melihat coretan di atas maka mungkin kita bisa ambil pendapat bahawa buah pisang merupakan buah yang peka zaman, dan sangat cocok jika dihidangkan dalam acara apapun. Kadang kita sering menjadikan buah pisang sebagai buah pencuci mulut setelah makan. Nah sekian coretan tentang buah pisang semoga artikel di atas bermanfaat atau paling tidak kita lebih mengenal buah pisang dan perlu untuk dibudidayakan.

Post a Comment

1 Comments

  1. Banyak juga manfaat pisang ya..

    oh iya backlink sukses.. :)

    ReplyDelete