Tips Aman Mengolah Bahan Pangan


cara memasak bahan makanan

Tips Aman Mengolah Bahan Pangan. Menurut wikipedia.org, Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Salah satu upaya untuk mewujudkan itu adalah tetap menjaga pola makan yang sehat. Jangan asal makan, jangan asal kenyang lantas kita mengabaikan makanan yang kita konsumsi. Dengan alasan apapun sebenarnya itu akan merugikan kita sendiri. Makanan aman adalah hak setiap orang. Makanan yang sehat dan aman tidak hanya akan memenuhi kebutuhan gizi, tapi juga menjaga kesehatan tubuh. Untuk menjaga kesehatan dan keamanan makanan, seharusnya kita bersihkan dulu bahan makanan sebelum memprosesnya.

Tetapi membersihkan bahan makanan itu saja sebenarnya tidak cukup menjaganya dari sejumlah bakteri. Dimungkinkan saja masih ada bakteri yang menempel di bahan makanan tersebut atau bahkan bisa saja masih bertahan setelah proses pengolahan bahan pangan. Jika kondisi ini terjadi terus menerus tanpa kita sadari, bagaimana mungkin kita dapat menyediakan pangan yang aman bagi keluarga kita?

Untuk itu kubuskecil.blogspot.com akan membagikan tips yang perlu diperhatikan dalam mengolah dan menyediakan bahan pangan aman bagi keluarga. Tips Aman Mengolah Bahan Pangan tersebut seperti di bawah ini :

1.      Terlebih dahulu cucilah bahan makanan, alat masak dan tangan anda
Mengingat bakteri dapat berkembang di mana saja. Membersihkan bahan makanan saja tidak cukup untuk menyingkirkan bakteri penyebab penyakit tersebut. Harus selalu diawasi dalam proses pengolahan. Alangkah baiknya jaga dan pastikan dapur serta seluruh alat masak dalam kondis yang bersih. Selain itu mencuci tangan sebaiknya dilakukan sebelum memasak maupun saat akan menyantap makanan.

2.      Ketahui sumber bahan makanan
Tak sedikit sumber bahan makanan kerap kali menjadi sumber penyakit. Kadang air yang digunakan untuk membersihkan bahan makanan juga terjangkit bakteri. Mengetahui dengan tepat dari mana sumber air serta bahan makanan akan lebih aman bagi keluarga.

3.      Pemisahan bahan pangan
Hal demikian ini perlu dilakukan agar bahan makanan terhindar dari terjadinya kontaminasi. Alangkah baiknya memisahkan bahan makanan berbahan hewani, seperti daging, telur, ikan, seafood, unggas dari bahan-bahan lainnya ketika kita berbelanja atau saat memasak. Sebaiknya pakai papan potong dan alat lain yang beda untuk bahan pangan hewani dan non-hewani.

4.      Proses memasak
Proses pengolahan bahan makanan yang baik akan mencegah masuknya bakteri penyebab penyakit ke dalam tubuh kita. Dalam proses memasak sebaiknya didasarkan pada waktu dan suhu. Jangan hanya mengandalkan mata untuk menentukan matang atau tidaknya bahan makanan yang kita masak. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya menggunakan termometer atau alat pengukur suhu untuk memastikan apakah bahan makanan tersebut sudah pada suhu yang ditentukan.  Selain itu hindarilah mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak secara tuntas, terutama untuk jenis makanan daging, telur dan adonan kue. Tentunya ini akan mengundang bakteri untuk masuk ke dalam tubuh.

5.      Pendinginan
Pendinginan bertujuan guna memperlambat pertumbuhan bakteri. Alangkah baiknya dinginkan bahan makanan hewani dan nabati yang mudah rusak selama dua jam. Anda pastikan suhu penyimpanan tidak hanya bersuhu ruang (24°C), atau hangat karena dalam suhu tersebut tidak akan memperlambat tumbuhnya bakteri. Selain itu apabila bahan makanan tersebut belum akan segera dimasak, anda sebaiknya merendamnya air yang sangat panas (100°C).


Demikian sedikit Tips Aman Mengolah Bahan Pangan semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments