Penyebab Stroke dan Cara Pencegahannya

penyebab stroke

Penyebab Stroke dan Cara Pencegahannya. Penyakit Stroke merupakan salah satu penyakit yang menghantui masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, karena stroke mengakibatkan cacat dan kematian. Stroke adalah serangan otak yang datang secara mendadak akibat tersumbat / pecahnya pembuluh darah otak. Atau dengan kata lain stroke merupakan penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral). Stroke terjadi adanya penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang dan menimbulkan serangkaian reaksi biokimia yang akan merusakkan dan mematikan sel-sel saraf otak.

Penderita stroke di Indonesia sendiri semakin meningkat tiap tahunnya. Pada akhir tahun 2012 lalu, ada sebuah lembaga yang mencatat ada sekitar 500.000 kasus penderita stroke dengan angka 12.500 orang meninggal. Sementara sisanya mengalami cacat, baik ringan maupun berat. Oleh karena itu penanganan, pengobatan serta pencegahan awal menjadi perang penting dalam memerangi stroke.

Ada dua faktor yang merupakan penyebab stroke yaitu :
1.      Faktor risiko medis
Faktor resiko medis yang menyebabkan stroke antara lain hipertensi, kolesterol jahat, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), gangguan jantung, diabetes, migraine, dan riwayat stroke dalam keluarga. Tetapi menurut data sekitar 80% pemicu stroke adalah hipertensi dan arteriosklerosis.
2.      Faktor risiko perilaku
Stroke juga dipengaruhi oleh perilaku yaitu gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Misalnya kebiasaan merokok, menkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol, berlebihan konsumsi fast food dan junk food. Faktor resiko perilaku lainnya adalah kurangnya aktifitas gerak / olah raga dan obesitas. Selain itu susasana hati yang tidak nyaman seperti sering marah tanpa alasan yang jelas juga menjadi salah satu pemicu stroke.
 
penyebab stroke

 Menurut dr.Sukono Djojoatmodjo, SpS bahwa perlu perubahan gaya hidup guna menghindari dan memperkecil resiko terserang penyakit stroke. Selain itu menurutnya ada 3 hal ini bisa dilakukan yaitu :
1.    Mengatur berat badan dengan diet teratur. Konsekuensinya yaitu perlu dilakukan pembatasan asupan karbohidrat seiring bertambahnya usia. Asupan karbohidrat banyak terkandung dalam nasi, mie instan, roti, dan bihun.
2.   Dengan mengusahakan berolahraga setiap hari. Tidak harus oleharaga berat tetapi juga bisa dengan lari-lari di tempat selama beberapa menit setiap harinya.
3.   Ubahlah gaya hidup dengan berhenti merokok. Menurut dr Sukono, bagi perokok pasif yang terganggu sistem tubuhnya bukan dirinya sendiri, tetapi anak dan cucunya kelak. Ini disebabkan zat dalam rokok seperti karbon monoksida bisa mengubah mutasi DNA yang bisa mengakibatkan cacat yang timbul pada anak.

Selain itu dr. Sukono Djojoatmodjo, SpS memberikan pesan bahwa jika seseorang terkena serangan stroke, umumnya butuh perawatan yang lama. Oleh karena itu jangan terlambat mengubah pola hidup, sebelum penyakit stroke datang menyerang. Demikian informasi kesehatan menganai Penyebab Stroke dan Cara Pencegahannya dari kubuskecil.blogspot.com, semoga bermanfaat.

Post a Comment

2 Comments

  1. Trend penyakit stroke akhir2 ini emang meningkat. Semoga artikel ini bisa menyadarkan kita semua ttg pentingnya perilaku hidup sehat.. Keep spirit !! hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaya hidup memang sangat berpengaruh bagi kesehatan..
      trma kasih telah berkunjung :)

      Delete