Ternyata Kulit Manggis Mengandung Antioksidan Tinggi



 Tubuh manusia adakalanya sehat tapi ada waktunya pula terserang penyakit. Tubuh yang seudah terserang penyakit sebaiknya segera diobati dan dilakukan pencegahan agara penyakit yang menyerang tidak kembali lagi di waktu lain. Untuk mencegah agar tubuh tidak terserang penyakit selain menjaga pola hidup sehat seperti dibahas pada artikel sebelumnya, seseorang juag membutuhkan antioksidan. Apakah antioksidan itu? Pertanyaan yang ada pada benak anda yang memang belum mengerti termasuk saya juga.

Setelah mencari dibeberapa sumber, dapat disimpulkan bahwa antioksidan merupakan zat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Kemudian muncul lagi pertanyaan, apakah radikal bebas itu? Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan suatu buah elektron dari pasangan elektron bebasnya atau merupakan hasil pemisahan homolitik suatu ikatan kovalen. Yang pada intinya radikal bebas akan tertimbun dalam tubuh manusia sehingga menyebabkan penyakit. Radikal bebas berasal dari molekul oksigen yang strukturnya berubah akibat kondisi lingkungan. Kondisi yang memicu antara lain polusi, aktivitas merokok, serta radiasi. Tak hanya kondisi lingkungan, bahkan tingkat strees dan metabolisme tubuh sendiri juga memicu adanya radikal bebas. Jika radikal bebas banyak beredar maka menyebabkan rusaknya sel dan DNA. Kerusakan tersebut berpotensi untuk menyebabkan penyakit dan muculnya sel kanker. Maka dalam hal inilah antioksidan diperlukan. Yang termasuk antioksidan antara lain vitamin, karoten, polifenol dan mineral. Zat ini sangat berperan besar pada tubuh manusia sebagai pencegah dari serangan penyakit. 

Dengan antioksidan kerusakan-kerusakan sel dakibat dari oksidasi radikal bebas dapat ditekan. Lantas bagaimana antioksida dapat menekan radikal bebas? Dalam hal ini antioksidan berperan membantu menghentikan proses perusakan dengan cara memberikan elektron pada radikal bebas. Dengan begitu radikal bebas dapat ternetralisir sehingga tak punya kemampuan lagi untuk mencuri elektron dari DNA dan sel yang menyebabkan kerusakan. Sebenarnya proses terjadinya sangat kompleks namun dapat diuraikan secara sederhana seperti hal diatas.
Beberapa penyakit degeratif berhubungan erat sekali dengan radikal bebas. Penyakit tersebut diantaranya kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, katarak, pikun, penurunan fungsi kognitif dan penuaan dini. Sumber antioksidan mudah kita dapatkan dari makanan. Yang penting makanan itu mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin C, karoten, beta karoten, polofenol dan sejumlah mineral serta zat lainnya. Namun beberapa tahun belakangan ini para peneliti telah meneliti suatu antioksidan tingkat tinggi yang terdapat dalam kulit manggis. Namanya adalah xanthone. Penelitian telah membuktikan kadar antioksidan zat ini lebih tinggi dari vitamin C dan vitamin E yang selama ini kita kenal sebagai antioksidan tingkat tinggi. Xanthone merupakan senyawa yang menjadi pelindung sel pada proses penuaan atau perusakan sel oleh radikal bebas. Bagi tubuh Xanthone sangat berperan sekali. Peran senyawa ini antara lain sebagai inti-flamasi, antipenuaan, antialergi serta membantu menurunkan gula darah, tekanan darah serta kolesterol tinggi.
Semoga tulisan singkat ini bisa memnambah informasi dan wawasan kesehatan anda. terima kasih.

Post a Comment

2 Comments

  1. ternyata selain rasanya yang ueenak,, manggis juga sangat bermanfaat ya buat kesehatan :)

    ReplyDelete
  2. @fikri - iya brow td ane udh mampir jg ke blog kamu..Insyaallah bespk aq follow..ditunggu followbacknya jg

    @yusup - ane jg baru tau klo ada kandungan itu. padahal waktu kecil tu buah kesukaan ane...heheheh


    terima kasih tealh berkunjung ^_^

    ReplyDelete