Pola Hidup Sehat Melalui Pesan Jari Tangan



Jari tangan merupakan bagian anggota tubuh badan manusia. Setiap manusia normal mempunyai lima jari tangan yaitu Ibu jari, Jari telunjuk, Jari tengah, Jari manis dan jari kelingking. Tapi mungkin tak banyak orang menyangka kalau lima jari tersebut dapat menggambarkan pesan dalam penerapan pola hidup sehat. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari penerapan pola hidup sehat memang sangat diperlukan demi menjaga kesehatan orang itu sendiri. Tak ubahnya terkadang banyak sekali orang yang kurang menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupannya. Mungkin tidak tahu atau memang membandel. Pola hidup sehat berarti segala upaya guna menerapkan kebiasaaan baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan diri dari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan.

Untuk itu bagi yang belum mengerti apa itu pola hidup sehat dapat melihat melalui pesan jari tangan. Apa pesan itu? Dengan mudah saja dan sederhana kita pahami bahwa SEHAT itu terdiri dari 5 (lima) huruf sama dengan jumlah jari tangan yang juga terdiri dari lima jari. Seperti terlihat pada gambar berikut :


Untuk memudahkan seseorang agar selalu ingat untuk menerapkan pola hidup sehat, maka dapat dilakukan teknik ”pesan jari tangan” seperti tergambar dalam ilustrasi di atas. Selanjutnya mari kita bahas pola hidup sehat melalui pesan jari tangan itu.
1.      Huruf S
Seimbang Gizi yaitu dengan menerapkan pola makan makanan yang bergizi tinggi, rendah garam, rendah lemak, rendah gula, dan hindari sedapat mungkin bahan pengawet makanan serta tidak makan beraneka ragam makanan yang belum terjamin kesehatannya
2.      Huruf E
Enyahkan Kebiasaan Buruk yaitu menerapkan pola hidup dengan mengenyahkan rokok, alkohol, obat sembarangan, seks bebas, narkotik. Kemudian enyahkan kebiasaan malas dalam melakukan pemeriksaan kesehatan berkala serta hindari kulit terkena sinar matahari secara langsung antara jam 10.00 sampai dengan jam 14.00.
3.      Huruf H
Hidup Seimbang yaitu menerapkan pola hidup secara seimbang yakni rekreasi, hobby, sosialisasi, nafkah lahir batin (kasih sayang) dan ibadah.
4.      Huruf A
Awasi Bagian Tubuh Rawan yaitu awasi tekanan darah, gula darah, berat badan dan kolesterol serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin termasuk pemeriksaan alat kandungan pada wanita (PAP Smear), pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) serta awasi bagian tubuh rawan pada usia lanjut dan awasi tubuh rawan yang merupakan faktor keturunan.
5.      Huruf T
Teratur Hidup yaitu menerapkan pola hidup secara teratur, teratur makan, teratur membersihkan lingkungan, cukup tidur/istirahat serta teratur olahraga untuk tetap menjaga kesegaran dan kebugaran jasmani dan jalani kehidupan seksual yang baik.

Post a Comment

1 Comments

  1. Benar sekali, tapi kembali lagi bahwa hidup sehat tidak dapat dimiliki hanya dengan 1 kali, 2 kali saja, perlu konsistensi.

    ReplyDelete