Tips Pencarian Google



Internet pada jaman sekarang ini merupakan sesuatu yang penting bagi kita. Sebagian besar informasi dunia ada disini. Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa hampir minimal setiap minggu, setiap bulan bahkan setiap jam kita melakukan pencarian informasi atau biasa disebut browsing. Aktifitas browsing pada sebaian besar pengguna internet menggunakan SE (search engine) atau mesin pencari baik Bing, google, yahoo, AOL dll.
Maka dari itu disini akan saya share bebarapa tips dasar pencarian pada search engine/mesin pencari khusunya google bagi pemula (bila sudah mahir tinggalin ajah blog ini :D). Ini disebabkan karena google merupakan search engine/mesin pencari yang paling banya digunakan. Yang akan saya bahas hanya beberapa yang sering dipakai secara umum pada pencarian informasi.
Tips pencarian google sebagai berikut : 
1.       Menggunakan tanda minus (-)
  • Berfungsi untuk tidak menampilkan konten yang diberi tanda minus (-). Contohnya jika kita menulis pada kotak pencarian google “Kalimantan –Selatan” (tanpa tanda kutip) artinya kita mencari kata-kata  yang mengandung Kalimantan tanpa konten Selatan.
2.       Menggunakan tanda plus (+)
  •  Berfungsi untuk menampilkan/menambahkan konten yang diberi tanda plus (+) pada pencarian kita. Contohnya “Jakarta +Utara” (tanpa tanda kutip) maka yang akan muncul pada hasil pencarian google adalah konten yang mengandung kata-kata Jakarta dan mengandung kata-kata Utara.
3.       Menggunakan tanda petik dua (“)
  • Tanda petik dua (“) ini secara simple berfungsi jika kita ingin hasilpencarian google adalha kata-kata yanmg tidak terpisah. Contohnya jika kita ingin mencari kata-kata Rumah Kaca maka kita tinggal menambahkan tanda petik dua (“) di depan dan di belakang kata-kata tersebut.
4.       Menggunakan kata filetype
  • Ini berfungsi jika kita ingin mencari suatu tipe file tertentu pada hasil pencarian google. Contohnya Tinjauan Hukum Perdata filetype:pdf, ini berarti si pencari informasi ingin menampilkan konten berisi Tinjauan Hukum Perdata dalam bentuk file .pdf
5.       Menggunakan kata site
  • Site berfungsi untuk mencari website yang menggunakan domain tertentu. Contoh masakan site:co.id, berarti pencari ingin mencari web yang berakhiran domain .co.id yang mempunyai konten masakan. Atau bisa digunakan seperti ini puisi site:kompas.com, berarti pencari ingin mencari konten puisi pada website kompas.com
6.       Menggunakan kata inurl
  • Digunakan untuk menghasilkan hasil pencarian yang mengandung kata kunci pada URL yang kita cari. Contoh : kita mengetik “ inurl: wordpress” {tanpa tanda kutip} maka hasil yang akan ditampilkan pada pencarian google adalah URL/ Halaman web yang menggandung kata wordpress
7.       Menggunakan kata intitle
  • intitle berfungsi untuk mencari artikel yang mempunyai title/judul tertentu. Contoh:intitle:radio, berarti pencari ingin mencari artikel yang berjudul radio.
Demikianlah sedikit tips dasar pencarian google search engine, kreasikan sendiri tips-tips di atas dan semoga bisa bermanfaat. ^_^

Post a Comment

2 Comments