Model Lesson Study

Sumber Gambar
Model Lesson Study. Lesson Study merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan matual learning, serta membangun learning community. Harus diakui, Lesson Study model terbaru dalam pengembangan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan upaya sosialisasi  secara serius dan berkelanjutan agar model tersebut bias diterapkan oleh para guru disekolah.
 
Mulyana (2007) dalam Rusman (2011 : 410), mengatakan bahwa rumusan tentang Lesson Study sebagai salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolkaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan matual learning untuk membangun komunitas belajar.
 
Berkenaan dengan Lesson Study Catherin Lewis (2002) dalam Rusman (2011 : 411) menyatakan bahwa : “Lesson study is a simple idea. If you want to improve instruction, what could be more obvious that collaborating with fellow teacher to plan, obseve, and reflect on lessons? While it may be a simple idea, lesson study is a complex process, supported by collaborative goal setting, careful data collection on student learning, and protocols the enable productive discussion of difficult issues”.
 
Jadi jelas bahwa lesson study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Dengan demikian, lesson study bukan strategi  atau metode pembelajaran tetapi kegiatan lesson study dapat menerapka berbagai strategi dan metoda pembelajaran yang sesuai dengan situsasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi guru pada setiap satuan pendidikan masing-masing. Keutamaan dari Lesson Study yaitu dapat meningkatkan keterampilan atau kecakapan dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh gurumelalui kegiatan lesson study, yakni belajar dari suatu pembelajaran. (Rusman, 2011 : 419).

Post a Comment

0 Comments