Manfaat Rencana Kerja

Sumber Gambar : http://news.okezone.com
Manfaat Rencana Kerja. Dalam melakukan suatu kegiatan, organisasi memerlukan suatu acuan untuk mengatur dan mengontrol semua aktivitas  yang terjadi pada organisasi tersebut. Oleh karena itu, setiap organisasi hendaknya memiliki rencana kerja yang terstuktur dengan baik, untuk menunjang kelancaran operasional didalam  perusahaan  tersebut. Dengan  adanya  rencana  kerja yang terstuktur dengan baik maka pengendalian  dan  tujuan  yang  akan dicapai dalam suatu organisasi dapat berjalan dengan baik

Menurut Husein  Umar (2009) “Rencana  kerja adalah suatu  proses yang  tidak  pernah  berakhir,  apabila  rencana  telah  ditetapkan,  maka dokumen mengenai perencanaan yang terkait harus diimplementasikan. Karena  perencanaan  atau  rencana  kerja  adalah  pemilihan sekumpulan kegiatan  dan  pengambilan  keputusan  tentang apa yang  harus  dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa.”         
Menurut Gunawan  Adisaputro  (2010)  “Rencana kerja adalah hasil proses perencanaan berupa daftar ketetapan tentang langkah tindakan pada masa depan menyangkut  kegiatan  apa,  siapa  pelaksananya,  di  mana, kapan  jadwalnya  dan  berapa  sumber  daya  yang akan digunakan, serta berbagai keterangan mengenai tolak ukurnya, dalam rangka mencapai hasil. Rencana digunakan manajemen untuk pedoman pengarahan kegiatan dan titik tolak proses pengendalian.  
Dari  beberapa  definisi  tersebut  diatas dapat  disimpulkan  bahwa rencana kerja adalah upaya  untuk  merumuskan  apa  sesungguhnya yang  ingin  dicapai  oleh  sebuah perusahaan atau  organisasi  serta  bagaimana  sesuatu yang ingin dicapai tersebut dapat diwujudkan melalui serangkaian rumusan rencana kegiatan tertentu.
Menurut  Gunawan  Adisaputro  (2010)  perencanaan  dapat memberikan beberapa manfaat diantaranya : 
  1. Perencanaan sebagai pengarah untuk meraih atau mendapatkan sesuatu secara lebih terkoordinasi. 
  2. Perencanaan meminimalisasi ketidakpastian, karena pada dasarnya di dunia ini tidak ada yang tidak mengalami perubahan. Perubahan-perubahan yang terjadi membawa ketidakpastian bagi organisasi atau perusahaan.
  3. Perencanaan meminimalisasi pemborosan sumber daya, setiap organisasi atau perusahaan pasti membutuhkan sumber daya. Dengan adanya perencanaan sebuah organisasi atau perusahaan diawal sudah melakukan perencanaan melalui penggunaan sumber daya sehingga diharapkan tidak terjadi pemborosan dalam hal penggunaan sumber daya yang ada.
  4. Perencanaan sebagai penetapan standar dalam pengawasan kualitas. Perencanaan berfungsi sebagai penetapan standar dalam pengawasan kualitas yang harus dicapai oleh organisasi dan diawasi pelaksanaannya, dalam fungsi pengawasan manajemen.



Post a Comment

0 Comments