Guru yang dirindukan siswa



guru
Guru yang dirindukan siswa. Menjalani alih profesi dari seorang staf kantoran menjadi seorang guru SD buat saya tidaklah mudah. Jauh sekali perbedaan yang saya rasakan. Kalau dulu menghadapi benda mati (kertas, tinta, laptop, komputer dan itung-itungan dll) tetapi sekarang yang saya hadapi adalah sosok manusia yang lugu dan polos yaitu anak SD.

Seperti pepatah Jawa Guru iku digugu lan ditiru digugu atau didengarkan ucapannya dan ditiru perbuatannya. Tentu saja perbuatan dan ucapan yang baik. Tetapi ada lagi ungkapan yang mengatakan bahwa Tidak ada manusia yang sempurna tentu saja guru juga manusia yang “tidak bisa” sempurna. Namun paling tidak guru diharapkan menjadi seorang yang selalu melakukan peningkatan, tentu saja ke arah yang positif. Dan itu harus dilakukan secara berkesinambungan seperti kata orang manajemen.
Menjadi guru yang dirindukan siswa? Mungkin itulah jati diri dari “guru” yang sebenarnya menurut saya. Siswa akan merasa kehilangan jika guru tidak ada. Salah satu langkah agar guru dirindukan siswa ialah menyebut nama siswa. Karena siswa akan merasa senang dan dihargai ketika disebut namanya. Selain itu tidak memaksakan kehendak kepada siswa juga penting. Yakinlah setiap manusia sudah mempunyai bakat dan kemampuan masing-masing yang telah dianugerahkan Allah SWT. Baik itu akademis maupun non akademis. Menurut saya ada 3 hal penting yang minimal harus kita tanamkan pada siswa :
1.      Berlaku JUJUR
2.      Jangan selalu menyalahkan orang lain
3.      Semua dimulai dari diri sendiri

Mungkin itu saja Sekedar CoretanQ kali ini. Semoga bermanfaat.
Thank to Imam Gunawan.


Sumber gambar : http://beritanyasmk.blogspot.com

Post a Comment

0 Comments