Tips Mengatasi Sembelit


cara mengatasi sembelit
Tips Mengatasi Sembelit. Buang air besar (BAB) memang sudah menjadi rutinitas tubuh manusia normal sehari-hari. Apa jadinya kalau tidak bisa BAB, sudah bisa dipastikan perut akan terasa sakit, tidak nyaman bahkan bisa berbahaya menyebabkan datangnya penyakit lainnya. Sembelit atau Susah buang air besar memang sangat mengganggu, bahkan dikhalayak umum pun susah BAB menjadi bahan pembicaraan mulai dari sebab hingga cara mengatasinya. Sebelum anda menggunakan obat pencahar perut, alangkah baiknya anda lakukan Tips Mengatasi Sembelit seperti dibawah ini.
Sebenarnya tips ini sangatlah mudah dan bahan-bahan yang diperlukan banyak tersedia, tetapi terus terang saja saya juga baru mengetahuinya. Langsung saja ini Tipsnya :
  1. Tempelkan air es di perut
  2. Tempelkan air hangat di pantat
 Tips tersebut diberikan oleh dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD (ahli genetika molekuler di Human Genome Center, School of Medical Sciences, Universiti Sains Malaysia) ketika saat masih kuliah ada di antara teman kost yang mengeluh sakit perut dan beberapa hari tidak dapat buang air besar. Kemudian dia mendatangi kost temannya dan tiba-tiba saja muncul ide dalam benaknya. Ketika itu dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD bahwa apa yang dialami temannya disebabkan oleh tekanan di dalam saluran pencernaan terlalu rendah untuk mendorong keluar sisa-sisa makanan dalam ususnya. Maka perlu dicari cara agar tekanannya menjadi tinggi, setidaknya bagian atas ususnya perlu dibuat bertekanan lebih tinggi daripada bagian bawahnya.

Pada saat itu dr. Teguh teringat salah satu teori fisika yang mengatakan bahwa jika suhu di suatu tempat tinggi maka tekanannya rendah dan jika suhunya rendah maka tekanannya tinggi. Ia pun mempraktikkan teori itu untuk memperlancar BAB. Saat itu dia meminta seorang teman lain untuk membawa botol berisi air dingin dari lemari es dan botol lain berisi air hangat. Botol berisi air dingin saya tempelkan pada perutnya dan botol berisi air hangat saya tempelkan pada pantatnya. Dengan cara seperti itu, dr. Teguh ingin membuat tekanan pada bagian atas ususnya menjadi lebih tinggi daripada bagian bawah ususnya. Alhasil dalam waktu sekitar 5 menit kemudian, sang teman itupun langsung buang air dengan lancar dan berterima kasih kepadanya.

Peristiwa yang menggabungkan Teori fisika dan Tips memperlancar BAB tersebut sangat dikenang dr Teguh, sejak saat itu ia pun mantap memutuskan berkuliah di kedokteran. dr Teguh pun meraih gelar sarjana kedokterannya dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, kemudian melanjutkan studi di bidang Genetika Molekuler, Universitas Kobe, Jepang.

Demikianlah Tips Mengatasi Sembelit.. Semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments