Jaga Hati dari Kanker Hati


kanker hati

Jaga Hati dari Kanker Hati. Setelah sebelumnya kubuskecil.blogspot.com berbagi informasi tentang “Atasi Wana Kulit Tidak Rata Dengan Bahan Alami” serta maka kali ini saya akan sedikit berbagi informasi mengenai masalah kanker. Kanker merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang cepat, tidak terkendali, dan terus membelah diri. Selanjutnya menyusup ke daerah sekitar dan terus menerus menyebar. Dewasa ini memang masalah kanker sudah kental dengan masyarakat kita. Banyak sekali penyakit kanker yang menyerang akhir-akhir ini dan salah satunya adalah kanker hati. Hati memiliki fungsi penting dalam metabolisme makanan untuk menghasilkan energi serta sebagai oragan penyimpan darah. Kanker yang satu ini sebenarnya muncul dari organ hati sendiri dan bukan merupakan akibat keganasan organ lain yang menyerang hati

Gejala klinis kanker hati antara lain hepatomegali atau pembesaran hati, sakit perut atau gangguan hati lain. Hati merupakan salah satu organ besar dalam tubuh yang terletak dibawah paru kanan dan tulang rusuk. Tetapi perlu kita ingat bahwa beberapa jenis tumor dapat berkembang dalam organ hati. Walau demikian tumor ada yang jinak dan ada yang ganas. Dikatakan tumor jinak apabila tidak mengandung sel kanker dan dikatakan tumor ganas apabila mengandung sel kanker. Sampai saat ini belum ada ahli yang dapat memastikan penyebab kanker hati ini. Yang dilakukan hanyalah mengira faktor resikonya yaitu sesuatu yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk terserang kanker. Selain itu ada juga faktor protektif yang merupakan sesuatu yang dapat menurunkan kemungkinan seseorang terserang kanker.

Faktor resiko juga terbagi menjadi dua yaitu faktor yang bisa dihindari dan faktor yang tidak bisa dihindari. Misalnya faktor yang dapat dihindari adalah merokok dan faktor yang tidak dapat dihindari adalah genetik. Kenddati ada beberapa faktor resiko yang dapat dihindari, tidak berarti seratus persen dapat terbebas dari resiko kanker hati. Faktor resiko akan meningkat apabila seseorang menderita penyakit Hepatitis B dan C secara bersamaan. Selain itu gangguan metabolisme seperti penumpukan zat besi dalam hati yang disebut hemochromatosis pun juga dapat meningkatkan resiko kanker hati.

Apabila seseorang sudah terkena kanker hati ini parah, pengobatan yang dilakukan biasanya adalah transplantasi hati tetapi hanya bisa dilakukan dibeberapa negara saja dan biayanya pun sudah pasti mahal. Hal yang perlu dilakukan untuk mendeteksi awal penyakit ini yaitu skrining rutin dengan pemeriksaan darah, USG dan CT scan. Memang biayanya termasuk mahal juga. Alangkah baiknya untuk menghindari kanker hati, kita selalu menjaga kesehatan kita serta mengkonsumsi antioksidan. Anda juga dapat mengggunakan cara cara alami dengan menggunakan seperti pada tulisan saya ”Tanaman Obat Penyembuh Kanker”.


Mari kita bersama-sama kita ”Jaga Hati dari Kanker Hati”. Semoga infromasi singkat ini bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments