Pengertian Pengetahuan dan Tingkatannya


Pengertian Pengetahuan dan Tingkatannya

Bagi Socrates dan Plato, "tindakan yang tepat selalu muncul dari pengetahuan yang tepat" artinya bahwa segala tindakan seseorang dan pengambilan keputusan selalu didasarkan pada pengetahuan. Maka dari itu pengetahuan sangatlah penting bagi tindakan seseorang dan siapapun itu. Hal itu dikuatkan Notoadmojo (2003) bahawa pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang (overt behavior). Tetapi sebenarnya apakah pengertian pengetahuan dan apakah ada tingkatannya? Untuk itu Sekedar CoretanQ kali ini akan membahas mengenai Pengertian Pengetahuan dan Tingkatannya.
Pengertian Pengetahuan : 
1.   Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengetahuan berarti segala sesuatu yg diketahui; kepandaian: atau segala sesuatu yg diketahui berkenaan dengan hal (mata pelajaran).
  1. Menurut Notoatmodjo (2007), pengetahuan adalah merupakan hasil dari tahu dan ini setelah orang melakukan penginderaan terhadap obyek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indera manusia, yakni indera penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagaian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga.
  2. Menurut Ngatimin (1990), pengetahuan adalah sebagai ingatan atas bahan-bahan yang telah dipelajari dan mungkin ini menyangkut tentang mengikat kembali sekumpulan bahan yang luas dari hal-hal yang terperinci oleh teori, tetapi apa yang diberikan menggunakan ingatan akan keterangan yang sesuai.
  3. Menurut Pudjawidjana (1983), pengetahuan adalah reaksi dari manusia atas rangsangannya oleh alam sekitar melalui persentuhan melalui objek dengan indera dan pengetahuan merupakan hasil yang terjadi setelah orang melakukan penginderaan sebuah objek tertentu.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan adalah merupakan hasil tahu dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indra manusia yaitu : indra penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa, dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga.
Pengertian Pengetahuan dan Tingkatannya


Menurut Notoatmojo (2003), Tingkatan Pengetahuan ada 6 yaitu :
1.    Tahu (Know)
Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang telah dipelajari sebelumnya. Termasuk ke dalam pengetahuan tingkat ini adalah mengingat kembali (recall) terhadap suatu yang spesifik dari seluruh bahan yang dipelajari atau rangsangan yang telah diterima. Oleh sebab itu tahu ini adalah merupakan tingkat pengetahuan yang paling rendah.
2.    Memahami (Comprehension)
Memahami diartikan sebagai suatu kemampuan untuk menjelaskan dengan benar tentang objek yang telah diketahui dan dapat menginterprestasikan materi tersebut secara benar yang dilakukan dengan menjelaskan dan menyebutkan contoh.
3.    Aplikasi (Application)
Aplikasi diartikan sebagai kemampuan untuk menggunakan materi yangtelah dipelajari pada situasi atau riil (sebenarnya). Aplikasi ini dapat diartikan sebagai apalikasi atau penggunaan hukum-hukum, rumus, metode, prinsip, dan sebagainya dengan konteks atau situasi yang lain.
4.    Analisis (Analysis)
Analisis adalah suatu kemampuan untuk menjabarkan suatu materi ke dalam bagian yang sudah dimengerti. Kemampuan dapat dilihat dari penggunaan kata kerja seperti dapat menggambarkan (membuat bagan), membedakan, memisahkan, mengelompokkan dan sebagainya.
5.    Sintesis (Synthesis)
Sintesis menunjukkan suatu kemampuan untuk meletakkan atau menghubungkan bagian-bagian di dalam suatu bentuk keseluruhan yang baru. Dengan kata lain suatu kemampuan untuk menyusun formulasi baru dari formulasi-formulasi yang ada.
6.    Evaluasi (Evaluasion)
Evaluasi ini berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan penilaian terhadap objek atau materi. Penilaian ini menggunakan kriteria yang telah ada.

Pengukuran pengetahuan dapat dilakukan dengan wawancara atau angket yang menanyakan tentang isi materi yang ingin diukur dari subjek penelitian atau responden ke dalam pengetahuan. Ke dalam pengetahuan yang ingin kita ketahui atau kita ukur dapat kita sesuaikan dengan tingkat-tingkat tersebut di atas.

Demikian coretan mengenai Pengertian Pengetahuan dan Tingkatannya semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments