Faktor Resiko Penyebab Kanker


Faktor Resiko Penyebab Kanker
Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan terus membelah diri. Selanjutnya menyusup ke daerah sekitar (isasive) dan terus menerus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang. Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri, jika pergantian sel-sel yang telah mati dan rusak. Sebaliknya sel kanker akan membelah terus meskipun tubuh tidak memerlukannya. Sehingga akan terjadi penumpukan sel baru. Pertumbuhan sel tersebut akan mendesak dan merusak jaringan normal, sehingga menggangu organ yang ditempatinya.

Di Indonesia sendiri jumlah penderita kanker terjadi peningkatan dari tahun ke tahun. Kanker juga salah satu penyakit penyebab utama kematian di Indonesia. Hanya beberapa jenis kanker saja yang dapat diobati secara memuaskan. Terutama jika diobati saat masih stadium dini. Keberhasilan pengobatan sangat dipengaruhi oleh jenis kanker, stadium kanker, keadaan umum penderita, dan usaha penderita untuk sembuh.

Sampai saat kini penyebab kanker masih menjadi area penelitian para dokter, baik di rumah sakit maupun kalangan akademis. Namun ada beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker. Faktor ResikoPenyebab Kanker tersebut sebagai berikut:
1.      Bahan kimia, tar pada rokok dan bahan kimia industri.
2.    Penyinaran atau radiasi yang berlebihan terutama sinar X (rongten) elektromagnetik, radiasi sinar matahari dan radiasi bahan berbahan nuklir.
3.      Beberapa virus tertentu.
4.      Pemberian hormon yang berlebihan.
5.      Rangsangan berupa benturan / gesekan di salah satu bagian tubuh secara berulang-ulang dalam waktu yang lama.
6.      Makanan tertentu seperti makanan yang diawetkan dan mengandung zat pewarna.

Resiko Penyebab Kanker
Penyakit kanker dapat menyerang siapa saja dan dari golongan manapun. Meskipun demikian kanker lebih sering menyerang orang yang berusia lebih dari 40 tahun. Kanker tidak termasuk penyakit menular dan umumnya tidak menurun secara genetik. Hingga kini penyebab kanker masih jadi ajang penelitian para dokter. Secara garis besar kanker dibagi menjadi 4 jenis kanker sebagai berikut:
1.      Karsinoma, yakni kanker yang tumbuh dan berkembang di sel epitel.
2.      Sarkoma, yakni kanker yang tumbuh dan berkembang pada jaringan penunjang
3.      Leukimia, yakni kanker yang menyerang jaringan yang menghasilkan darah.
4.      Limpoma, yakni kanker yang menyerang jaringan limpa.

Kanker dapat menyerang semua bagian tubuh karena itu dikenal jenis-jenis kanker bedasarkan organ tubuh yang terserang seperti kanker payudara, kanker kulit, kanker hati, kanker lidah, kanker rahim, kanker paru-paru, kanker prostat dan lain sebagainya. Demikian Sekedar CoretanQ mengenai Faktor Resiko Penyebab Kanker.

Post a Comment

0 Comments