Tips Membuka Warung Nasi Sederhana


Membuka usaha warung nasi mungkin cukup menjanjikan bagi sebagian orang. Hal ini dapat dilihat dari sibuknya orang-orang dalam bekerja sehingga waktu memasak pun sangat minim dan lebih memilih untuk membeli makan di warung nasi. Salah satu keunggulan warung nasi sederhana dibandingkan dengan usaha kuliner lain adalah bisa menyediakan beragam menu masakan. Menu masakan yang disajikan setiap harinya bisa berbeda sehingga konsumen tidakmerasa bosa. Namun dalam membuka usaha warung nasi sederhana, kerja keras, kesabaran dan totalitas sangat diperlukan agar usaha warung nasinya berjalan baik dan sukses. Menentukan menu masakan yang akan disajikan bisa menurut masakan yang anda kuasai sampai menu yang paling banyak peminatnya.

Perlu diperhatikan bahwa membuka usaha warung nasi sederhana merupaka usaha yang membutuhkan kerja dengan waktu yang hampir tidak terbatas. Dalam usaha warung nasi sederhana sebenarnya tidak terlalu membutuhkan promosi yang berlebihan hanya saja membutuhkan tempat yang strategis. Bisa dikatakan apabila warung nasi anda memuaskan konsumen, promosi warung nasi anda melalui mulut ke mulut saja tanpa ada promosi resmi.
Untuk itu bagi anda yang berminat untuk membuka warung nasi sederhana ada beberapa tips membuka  usaha warung nasi sederhana sebagai berikut :
1.    Mengutamakan rasa
Apabila dagangannya ingin laku dan banyak pelanggan yang datang, pemilik usaha warung nasi sederhana harus mengutamakan rasa masakannya. Kesukaan konsumen bisa diperhatikan dari awal membuka usaha warung nasi sederhana ini. Jika habis berate makanan disukai konsumen. Selain itu pemilik usaha ini harus membuka diri dari kritik kpelanggan karena kritik yang membangun akan berpengaruh positif bagi perkembangan usaha ini.

2.    Selalu menjaga kebersihan
Selain rasa, kebersihan ruangan juga merupakan faktor penting untuk menarik pembeli. Jika warung nasi bersih, tetntu saja pembeli akan merasa nyaman makan di dalam warung. Selain itu peralatan lain seprti piring, sendok, garpu dan gelas juga harus diperhatikan kebersihannya. Jangan sampai ada bekas makanan atau sabun cuci yang menempel dalam peralatan makan tersebut

3.    Memberikan pelayanan yang baik
Pembeli di warung nasi umumnya adalah pelanggan setia. Jika mereka sudah  cocok dengan rasa masakan dan pelayanannya, kemungkinan untuk pindah ke warung nasi lain sangat kecil. Oleh karena itu, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen/pembeli mutlak dilakukan.

4.    Membangun kerjasama dengan suplier
Makanan yang tersaji di warung nasi harus baru, jangan sekali-kali menyajikan makanan yang kemarin (kecuali makanan kering). Karena itu bahan baku yang diolah harus dibeli setiap hari. Belanja bahan baku bisa dilakukan sendiri atau melalui supplier. Banyak keuntungan jika berbelanja melaui supplier, diantaranya menghemat waktu dan tenaga, bisa mendapat mutu bahan baku yang baik, bisa memasok bahan secara berkelanjutan/kontinyu, serta memperoleh harga yang lebih miring karena anda adalah pelanggannya.

5.    Waktu buka yang tepat
Setiap orang pasti membutuhkan makan. Setiap hari sebelum beraktifitas disarankan untuk sarapan. Siang hari setelah beberapa jam melakuklan aktifitas perut kita sering terasa lapar. Malam hari sepulang dari kerja atau beraktifitas kita juga terbiasa untuk makan malam. Jadi hampir setiap waktu dalam satu hari ada orang yang membutuhkan makan. Karena itu tidak ada salahnya jika membuka warung nasi dari pagi sampai malam. Umumnya buka sekitar pukul 06.00 dan tutup pukul 22.00.

6.    Sesuaikan harga makanan dengan daya beli konsumen
Pembeli atau konsumen warung nasi tidak hanya dari kalangan orang berpenghasilan tinggi tapi beragam pembeli. Untuk itu usaha warung nasi jangan memberikan tarif yang terlalu mahal dan mencari keuntungan besar. Karena keuntungan sedikit tetapi mengalir tiap harinya lebih baik daripada keuntungan besar yang hanya sekali. Dalam menentukan harga makanan perhatikan daya beli masyarakat sebagai konsumen warung anda.

Demikian tips membuka warung nasi sederhana bagi anda yang berminat. Semoga sedikit tips ini memberikan manfaat. :D

Post a Comment

0 Comments