Sejarah Kue-Kue Terkenal



Belakang ini banyak sekali kue yang hadir dan menjadi perburuan penggemar. Kepopuleran beberapa kue langsung melejit seakan-akan menjadi most wanted cake diberbagai toko kue. Berbagai macam jenis kue yang dijual menjadi daya tairk tersendiri. Berbagai kreasi dilakukan agar banyak peminatnya. Tetapi tahukah anda apabila sebagian kue yang terkenal luas itu sudah ada sejak zaman dulu dan tidak eksis baru-baru saja? Kue yang saya maksud yaitu Cheese Cake, Cupcake dan Red Velvet. Untuk itu mari kita lihat history dari ketiga kue tersebut.

1.   Cheese Cake
Cheese cake merupakan kue dengan keju sebagai bahan dasar utama. Sejarahnya kue ini sudah ada sejak 200 tahun sebelum Masehi. Bahkan di zamannya, kue itu dibuat sajiaan saat pertandingan olahraga seperti olimpiade. Cikal bakal resep kue ini berasal dari seorang penulis bernama Aethaneus. Cheese cake pada masa itu dibuat dengan campuran susu kambing atau domba. Dalam perkembangannya resep cheese cake tersebut dibawa bangsa romawi yang menjajah Yunani. Lalu ia tersebar ke Inggris saat penjajahan. Setelah itu barulah dikenal di Amerika Serikat.

Contoh Cheese Cake



2.   Cupcake
Cupcake merupakan kue imut dengan banyak hiasan variatif. Lagi-lagi kue ini mulai dikenal di Amerika Serikat. Sejak abad ke 19, cupcake banyak digemari ibu rumah tangga karena pembuatannya menghemat waktu. Konon kue itu disebut Cupcake karena dua alasan yaitu karena dimasak dalam cangkir tembikar yang berat dan bahan-bahan yang digunakan diukur dengan cangkir. Awalnya cupcake disebut kue 1234 lantaran mudah sekali diingat berdasar jumlah bahan-bahan pembuatannya.

Contoh Cupcake







3.   Red Velvet
Red Velvet merupakan kue yang berwarna merah di dalamnya. Kue ini populer sejak dijual oleh Hotel waldorf-Astoria di New York pada 1920-an. Istilah Velvet berasal dari kebiasaan zaman itu yang banyak menggunakan kata-kata velvet, exquisite, smooth atau sulky untuk memberi kesan mewah pada produk yang dijual. Warna merah dipercaya didapat dari reaksi kimia antara baking soda dan bubuk kokoa. Pada masa Perang Dunia II, karena kesulitan bahan para pastry chef mengganti pewarna makanan itu dengan jus sayur bit.

Contoh Red Velvet


 

Post a Comment

0 Comments