Ciri Mental Produktif



Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal istilah dalam badan yang sehat terdapat jiwa/mental yang sehat. Ungkapan itu mungkin tak hanya sekali kita mendengarnya. Padahal sering terjadi sebaliknya, mental yang tidak sehat menyebabkan badan yang tidak sehat pula. Hal ini disebut psikomatis yaitu gangguan fisik yang disebabkan adanya gangguan mental. Untuk itu setiap orang selalu berusaha menjaga aga mental tetap sehat dan produktif. Cara berfikir dan berperan sesorang didasarkan kepada hati nurani untuk selalu berbuat sesuatu yang besar atau lebih dan bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain dan masyarakat.

Dalam masyarakat modern mental yang produktif selalu dibutuhkan untuk senantiasa mengembangkan ide-ide agar terjadi keselarasan hidup dalam masyarakat. Untuk itu perlu dikenali dan diketahui ciri-ciri mental produktif.

Ciri-ciri mental produktif :
  1. Berinisiatif, yaitu sikap dan perilaku yang penuh prakarsa, berbuat dan berfikir tanpa disuruh, mengembangkan kemampuan imajinasi
  2. Bekerja Keras, yaitu sikap dan perilaku yang suka berbuat hal-hal yang positif, tidak suka berpangku tangan dan tidak merasa cepat puas.
  3. Bersemangat, yaitu sikap dan perilaku yang dalam melakukan sesuatu tidak gampang menyerah atau putus asa
  4. Berfikir jauh ke depan, yaitu bersikap dan berperilaku untuk jangka waktu panjang yang lebih baik
  5. Produktif, yaitu sikap dan perilaku yang berhasil guna dan tepat guna. Hasil yang didapatkan akan lebih besar daripada apa yang dikeluarkan.
  6. Menghargai waktu, yaitu sikap dan perilaku yang mampu memanfaatkan waktu secara efisien dan efektif sehingga melahirkan karya yang optimal
  7. Tekun, yaitu sikap dan perilaku yang menunjukkan kesanggupan dan semangan yang tinggi dengan daya tahan yang cukup untuk mewujudkan sesuatu.

Post a Comment

0 Comments