11 Tips Merawat Laptop

 Dengan semakin populernya atau ngetopnya laptop dibanding PC (personal computer)/komputer desktop, maka pada coretan kali ini ada beberapa tips merawat laptop yang mungkin sesuai dengan selera anda (kalau tidak sesuai jangan dipakai ya hehehehehe). Ini bertujuan karena dengan perawatan yang baik sangat diperlukan laptop/notebook agar lebih tahan lama.
Mungkin saat ini banyak orang yang melupakan PC (mungkin termasuk saya :D), walaupun dirumah ada PC tetap saja laptop yang digunakan untuk bekerja. Bagaimanapun sebenarnya pada spesifikasi yang sama jelas PC lebih tangguh daripada laptop, tetapi ada beberapa orang berpendapat kalau laptop lebih praktis dibawa ketimbang PC (tepatnya sih ada juga yang buat gaya-gayaan :D). Maka dari itu dibawah ini ada bebrapa tips sederhana dalam merawat laptop dan menghindarkan laptop dari kerusakan awal.

Tips merawat laptop :
  1. Jika anda membawa laptop dalam mobil dengan keadaan berjalan, maka jangan taruh sembarang laptop anda meskipun berada dalam tas. Carilah permukaan yang lunak (empuk) agar laptop adan terja dari goncangan mobil. 
  2. Letakkan laptop pada tempat yang baik dan benar. Ini berarti jangan letakkan laptop pada tempat yang salah dan sembarangan. Misalnya jangan meletakkan laptop di lantai resiko karena laptop bisa terinjak kaki orang, mungkin kakak anda, keponakan anda, anak nda, binatang peliharaan yang besar tau mungkin anda sendiri. Selain itu melerakkan laptop pada lantai akan cepat kotor oleh debu, ditambah lagi bila lantainya jarang disapu dan di pel.
  3. Jangan meletakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop. Sering dijumpai seseorang yang menggunakan laptop, kemudian meletakkan kertas di atas keyboard laptop, kemudian menutup laptopnya.. Resikonya layar laptop anda tergores menjadi besar. Tentu saja anda tidak ingin mengganti layar laptop gara-gara tergores kan.
  4. Jika anda mendownload software gratis dari internet maka berhati-hatilah terlebih dahulu jika software tersebut seolah-olah suatu antivirus. Pergunakanlah software yang telah anda dapatkan dari paket laptop yang anda beli. Ini menghindari adanya virus yang mungkin masuk ke laptop anda jika sembarangan menggunakan atau mendownload software dari internet. Apabila anda tetap ingin menggunakan hasil software hasil download, maka terlebih dahulu scan software tersebut dengan antivirus yang anda miliki dan anda percaya. Selain itu scan setiap flashdisk yang akan menancap pada laptop anda.
  5. Gunakan stabilizer listrik pada saat melakukan pengecasan (charge) laptop. Apabila anda melepaskan baterai laptop (biasanya untuk menjaga agar baterai tidah rusak/aus) pada saat bekerja dan langsung menancapkan charger, maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.
  6.  Hindarilah meletakkan laptop pada permukaan yang terlalu empuk. Misalnya anda meletakkan laptop pada kasur/busa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak turun ke bawah sehingga sirkulasi udara akan terganggu karena keluarnya panas terhambat.
  7. Hindarilah untuk membongkar laptop anda sendiri. Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana kecuali jika anda memang seorang teknisi laptop. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya dan sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika anda ceroboh, maka laptop anda bisa rusak. Bawalah selalu laptop yang rusak/bermasalah ke dealer atau service center laptop.
  8. Apabila anda sering membawa laptop di dalam tas, maka jangan gunakan sembarang tas untuk membawanya. Pergunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda lain tidak akan menggores bagian tertentu laptop. Pilihlah tas laptop yang berkualitas.
  9. Hindarilah makan/minum dan meletakkan benda mengandung cairan di sekitar laptop. Ini untuk menghindari kalau sewaktu-waktu anda tidak sengaja menyenggol makan/minum tersebut sehingga tidak tumpah pada laptop. Selain itu laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenainya,, misalnya cairan yang masuk ke dalam keyboard.
  10. Bersihkanlah laptop secara berkala jangan malas, karena jika laptop terlalu kotor maka akan menghambat ventilasi udara. Bayangkan sudah minim ruang apalagi diperparah dengan sumbatan debu wahhh malah sesak banget jadinya. Selain itu jika terlalu kotor bisa mengakibatkan layar LCD tergores saat dibersihkan, karena gumpalan debu yang terlindas kain lap.
  11. JANGAN PERNAH MEMBANTING LAPTOP ANDA…hahahahahaha! Sebaiknya berikan saja pada saya dan pasti saya terima :D.

Sekian dulu tipsnya, jika berkenan pergunakanlah dan jika tidak berkenan cukup dibaca sajalah...hehehehehehe terima kasih.


Post a Comment

1 Comments

  1. tipsnya oke banget gan untuk menjaga laptop kita tetap awet. terima kasih

    ReplyDelete